Cahyaning, Rindang (2015) Analisis faktor yang mempengaruhi capaian akademik mahasiswa program sarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember menggunakan regresi logistik ordinal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5211100113-Undergraduate_Thesis.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Capaian belajar atau prestasi akademik merupakan suatu
bukti keberhasilan belajar seseorang. Keberhasilan belajar
atau capaian akademik pada tahap sarjana dapat diukur dari
nilai IPK serta lama studi. Selain sebagai ukuran
keberhasilan mahasiswa dalam studi, IPK serta lama studi
keduanya merupakan indikator yang digunakan untuk menilai
mutu suatu program studi. Oleh karenanya analisis terhadap
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi capaian akademik
mahasiswa merupakan hal yang penting untuk dilakukan.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi capaian akademik
mahasiswa, salah satunya adalah faktor latar belakang serta
pengalaman perkuliahan. Beberapa penelitian sebelumnya
menyebutkan adanya hubungan positif dan signifikan antara
kondisi latar belakang serta pengalaman pra-perkuliahan
dengan capaian akademik mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam analisis terhadap faktorfaktor
yang mempengaruhi capaian akademik mahasiswa
adalah metode regresi logistik ordinal. Dalam tugas akhir ini
variabel independen yang digunakan adalah faktor-faktor
latar belakang dan pengalaman pada tahap pra-perkuliahan yang meliputi jenis kelamin, jenis SMA, jalur masuk, kondisi
sosial ekonomi, asal daerah,IPM daerah dan pilihan jurusan.
Sedangkan variabel respon yang digunakan adalah Iama
studi dan IPK mahasiswa.
Hasil analisis regresi logistik ordinal pada model terbaik
didapatkan faktor yang signifikan mempengaruhi lama studi
mahasiswa adalah jenis kelamin, jurusan, dan jalur masuk,
sedangkan faktor yang signifikan mempengaruhi IPK adalah
jenis kelamin, jalur masuk, jurusan, kondisi sosial ekonomi,
da nasal daerah. Hasil klasifikasi data training dan data
testing untuk masing-masing variabel respon lama studi dan
IPK adalah 61,7% dan 63,17%, serta 59,06% dan 48,86%.
================================================================================================
Student academic achievement is evidence of someone’s
learning success. Learning success at the undergraduate level
can be measured by grade point average (GPA) and length of
study. Besides being measurement of student success, both GPA
and length of study are indicators which is used to assess the
quality of department. Therefore, it’s important to analyze
factors that can affect student academic achievement. There are
many factors that can affect student academic achievement, one
of the factors is student background and pre-college experience.
Some previous studies mention the positive and significant
correlation between student background and pre-college
experience with student academic achievement.
In this study method that was used to analyze factors affecting
student academic achievement is ordinal logistic regression. In
this thesis the independents variables were factors on student
background and pre-college experiences, they are gender, type
of high school, entry mode, major of study, social economic
condition, hometown, and human development index of their
hometown. And the dependents variable were GPA and
student’s length of study.
The result of ordinal logistic regression analysis from the best
model obtained the significant factors that affect length of study
were gender, major of study, and entry mode. While the significant factors that affect GPA were gender, entry mode,
major of study, social economic condition, and hometown.
Classification accuracy of training and testing data for respond
length of study were 61,7% and 63,17%, and for respond GPA
were 59,06% and 48,86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 519.535 4 Cah a |
Uncontrolled Keywords: | Capaian akademik; Regresi logistik ordinal; Faktor latar belakang; Pra-perkuliahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.5 Principal components analysis. Factor analysis. Correspondence analysis (Statistics) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 03:36 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 03:36 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/70968 |
Actions (login required)
View Item |