Analisis faktor yang mempengaruhi capaian akademik mahasiswa program sarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember menggunakan regresi logistik ordinal

Cahyaning, Rindang (2015) Analisis faktor yang mempengaruhi capaian akademik mahasiswa program sarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember menggunakan regresi logistik ordinal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5211100113-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (26MB)

Abstract

Capaian belajar atau prestasi akademik merupakan suatu bukti keberhasilan belajar seseorang. Keberhasilan belajar atau capaian akademik pada tahap sarjana dapat diukur dari nilai IPK serta lama studi. Selain sebagai ukuran keberhasilan mahasiswa dalam studi, IPK serta lama studi keduanya merupakan indikator yang digunakan untuk menilai mutu suatu program studi. Oleh karenanya analisis terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi capaian akademik mahasiswa merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi capaian akademik mahasiswa, salah satunya adalah faktor latar belakang serta pengalaman perkuliahan. Beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kondisi latar belakang serta pengalaman pra-perkuliahan dengan capaian akademik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam analisis terhadap faktorfaktor yang mempengaruhi capaian akademik mahasiswa adalah metode regresi logistik ordinal. Dalam tugas akhir ini variabel independen yang digunakan adalah faktor-faktor latar belakang dan pengalaman pada tahap pra-perkuliahan yang meliputi jenis kelamin, jenis SMA, jalur masuk, kondisi sosial ekonomi, asal daerah,IPM daerah dan pilihan jurusan. Sedangkan variabel respon yang digunakan adalah Iama studi dan IPK mahasiswa. Hasil analisis regresi logistik ordinal pada model terbaik didapatkan faktor yang signifikan mempengaruhi lama studi mahasiswa adalah jenis kelamin, jurusan, dan jalur masuk, sedangkan faktor yang signifikan mempengaruhi IPK adalah jenis kelamin, jalur masuk, jurusan, kondisi sosial ekonomi, da nasal daerah. Hasil klasifikasi data training dan data testing untuk masing-masing variabel respon lama studi dan IPK adalah 61,7% dan 63,17%, serta 59,06% dan 48,86%. ================================================================================================ Student academic achievement is evidence of someone’s learning success. Learning success at the undergraduate level can be measured by grade point average (GPA) and length of study. Besides being measurement of student success, both GPA and length of study are indicators which is used to assess the quality of department. Therefore, it’s important to analyze factors that can affect student academic achievement. There are many factors that can affect student academic achievement, one of the factors is student background and pre-college experience. Some previous studies mention the positive and significant correlation between student background and pre-college experience with student academic achievement. In this study method that was used to analyze factors affecting student academic achievement is ordinal logistic regression. In this thesis the independents variables were factors on student background and pre-college experiences, they are gender, type of high school, entry mode, major of study, social economic condition, hometown, and human development index of their hometown. And the dependents variable were GPA and student’s length of study. The result of ordinal logistic regression analysis from the best model obtained the significant factors that affect length of study were gender, major of study, and entry mode. While the significant factors that affect GPA were gender, entry mode, major of study, social economic condition, and hometown. Classification accuracy of training and testing data for respond length of study were 61,7% and 63,17%, and for respond GPA were 59,06% and 48,86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.535 4 Cah a
Uncontrolled Keywords: Capaian akademik; Regresi logistik ordinal; Faktor latar belakang; Pra-perkuliahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.5 Principal components analysis. Factor analysis.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:36
Last Modified: 03 Oct 2019 03:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70968

Actions (login required)

View Item View Item