Karakteristik Ibu Hamil Serta Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesakitan - Kematian Ibu Hamil Dan Bayi Di Sebagian Wilayah Jawa Timur

Soetrisno, Heru Rayanto (1998) Karakteristik Ibu Hamil Serta Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesakitan - Kematian Ibu Hamil Dan Bayi Di Sebagian Wilayah Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1394100020-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Jumlah kesakitan-kematian ibu dan bayi yang masih tinggi di Propinsi Jawa Timur yang terdiri dari 37 Kabupaten/ Kotamadya menunjukkan adanya indikasi pengaruh faktor sosial ekonomi dan demografi serta belum tercapainya tujuan obstetri sosial merupakan persoalan yang harus dicari akar permasalahan untuk dapat ditemukan solusinya. Penelitian ini bertujuan (1) mengkaji karakteristik ibu hamil (2) menentukan kelompok Kabupaten berdasarkan karakteristik sosial ekonomi dan demografi (3) menentukan pola hubungan faktor-faktor yang berpengaruh pacta kesakitan-kematian ibu dan bayi. Sumber data peneli tian menggunakan data sekunder dari UPF/Lab. Obstetri Ginekologi RSUD Dr. Soetomo. Variabel yang digunakan adalah variabel yang berkaitan dengan faktor sosial ekonomi1 demografi 1 proses persalinan1 faktor risiko yang dideteksi pacta awal dan selama kehamilan. Met ode sta tistik yang digunakan adalah metode Analisis Komponen Utamal Analisis Faktor1 Analisis Kelompok (Cluster Analysis) dan Regresi Logistik. Dari analisis diskriptif diketahui bahwa prosentase umur ibu hamil tertinggi pacta umur reproduksi sehat (8119%). Prosentase pari tas tertinggi pacta pari tas 0 berkisar an tar 4215% hingga 57 16%. Pendidikan ibu menunjukkan bahwa prosentase tertinggi pacta lama pendidikan 4-6 tahun berkisar 5515% hingga 7819% pacta masing-masing Kabupaten. Dari pekerjaan ibu hamil diketahui sebagian ibu hamil sebagai ibu rumah tangga bias a ( 66 1 3%) 1 sedangkan prosentase pekerj aan suami terbesar sebagai petani (41 1 0%). Dari hasil Analisis Kelompok berdasarkan faktor sosial ekonomi 1 umur dan paritas diperoleh 4 kelompok yaitu kelompok I (Kabupaten Jombang dan Nganjuk) 1 kelompok II (Kabupaten Jember 1 Probolinggo 1 dan Sumenep) 1 kelompok III (Kabupaten Mojokerto) dan kelompok IV (Kabupaten Magetan) . Dari hasil pengolahan data dengan model regresi logistik tunggal didapa tkan pacta kelompok I dan I I 1 terdapa t keterkai tan lang sung kondisi sosial ekonomi 1 demografi dan proses persalinan dengan kematian ibu dan bayinya. Sedangkan pacta kelompok III keterkaitan hanya pacta sebagian variabel s osial ekonomi dan demografi namun lebih dominan pengaruh proses persalinan. Pacta kelompok IV 1 tidak terdapat keterkaitan langsung dengan kondisi sosial ekonomi dan demografi. Dari hasil analisis regresi logistik ganda terhadap faktor risiko pacta awal dan selama kehamilan terdapat perbedaan variabel yang signifi kan pacta masing-masing kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 4 Soe h
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:37
Last Modified: 03 Oct 2019 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70969

Actions (login required)

View Item View Item