Desain Dan Pengembangan Aplikasi Dashboard Untuk Meningkatkan Efisiensi Layanan Proses Sertifikasi

Suryana, Deny and Affandi, Ahmad and ER, Mahendrawathi (2011) Desain Dan Pengembangan Aplikasi Dashboard Untuk Meningkatkan Efisiensi Layanan Proses Sertifikasi. SESINDO 2011. pp. 2-9.

[img]
Preview
Text
ITS-Article-20136-DESAIN_DAN_PENGEMBANGAN_APLIKASI_DASHBOARD.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview

Abstract

Diberlakukannya regulasi SNI wajib tahun 2010 di Kementerian Perindustrian Lembaga Sertifikasi Produk sebagai salah satu lembaga yang memberikan sertifikasi SPPT SNI menghadapi tantangan karena permintaan Sertifikasi yang tidak menentu dan semakin tingginya tuntutan pelanggan disertai persaingan yang ketat antar kompetitor maka pelayanan prima dalam suatu organisasi publik sudah menjadi suatu kewajiban. Pelayanan prima suatu organisasi dapat diukur dengan Tujuan Bisnis yaitu peningkatan layanan dan layanan yang berorientasi terhadap pelanggan. Oleh karena itu organisasi perlu memantau KPI nya secara secara cepat dan tepat. Tetapi pada kenyataannya banyak data yang seharusnya bisa digunakan untuk menghasilkan informasi-informasi penting dalam pengambilan keputusan belum dapat termanfaatkan secara maksimal. Maka penelitian ini penulis membuat desain dan pembangunan aplikasi dashboard akan di kaji berdasarkan standart pembuatan dashboard yang disesuaikan dengan tujuan bisnis dan diturunkan ke tujuan aktifitas serta KPI Key Performance Indicator yang telah dibuat terhadap jumlah SPPT SNIPerusahaan dalam penyelesaian sertifikasi dan juga dapat di ketahui jumlah pendapatan serta jumlah pendaftar berdasarkan komoditi. Untuk user interface dan navigasi dashboard disusun berdasarkan metodologi penelitian yang terbagi atas fase analisis dan desain. Fase analisis dimulai dengan studi literatur survey lapangan dan dokumen menyusun tujuan menentukan KPI dan user requirement untuk mendapatkan informasi lengkap dari pihak perusahaan. Fase desain terdiri dari desain storyboard dan mendefinisikan model penyajian untuk KPI. Hasil rancangan akan divalidasi kepada calon pengguna atau manajerial dengan beberapa kritera desain warna dan tata letak. Apabila hasil validasi disetujui maka dashboard akan dikembangkan sesuai desain warna dan tata letak. Sehingga dengan adanya dashboard akan membantu manajerial untuk pengambilan keputusan.

Item Type: Article
Additional Information: Collection ID : 25105120000050
Uncontrolled Keywords: Dashboard, KPI, ,Sertifikasi,Desain,Pelayanan Prima
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:55
Last Modified: 07 Oct 2019 06:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71026

Actions (login required)

View Item View Item