Rancang Bangun Aplikasi Backend Dan Web Services Penyampaian Laporan Masyarakat Berbasis Crowdsourcing Melalui Jejaring Sosial Twitter

Priyambada, Degananda Ferdian (2016) Rancang Bangun Aplikasi Backend Dan Web Services Penyampaian Laporan Masyarakat Berbasis Crowdsourcing Melalui Jejaring Sosial Twitter. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5212100046-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
5212100046-paperpdf.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text
5212100046-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk di kota Surabaya semakin tahun semakin meningkat. Tingginya pertumbuhan penduduk sebagai akibat dari perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak jika dibandingkan dengan desa dan banyaknya lapangan pekerjaan yang terbuka di Surabaya. Berkembangnya kota Surabaya menimbulkan berbagai masalah baru mulai dari kriminalitas , bencana alam, kemacetan, maupun rusaknya fasilitas – fasilitas umum di penjuru kota Surabaya. Hal ini Tentunya sangat meresahkan masyarakat Surabaya. Oleh karena itu tujuan dari tugas akhir adalah membangun sebuah sistem yang dapat menjembatani antara masyarakat dan pemerintah kota Surabaya sebagai pemangku kekuasaan agar dapat saling menyampaikan laporannnya. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menyampaikan laporannya melalui situs surabaya113.com. Laporan ini harus disampaikan dengan menyertakan bukti yang berupa foto agar menyakinkan pemerintah terhadap laporan tersebut. Masalah lain yang timbul meski terdapat wadah bagi masyarakat Surabaya untuk menyampaikan laporannya adalah tingkat partisipasi yang rendah dalam mengunggah laporannya ke situs surabaya113. Masyrakat Surabaya lebih sering menyampaikan laporannya dax lam bentuk tweet pada jejaring media twitter sehingga pada sisi backend aplikasi ini juga akan menyertakan peta persebaran laporan masyrakat Surabaya yang diambil dari jejaring sosial twitter. Bedasarkan hasil user acceptance test untuk mediacenter didapatkan bahwa terdapat 16 jawaban tidak puas dan 62 jawaban puas dari total dua responden. Bila diperhitungkan rata-rata maka bisa disumpulkan bahwa tingkat kepuasan responden sebesar 79.5 persen. Sedangkan pada UAT internal yang dilakukan oleh tim internal didapatkan bahwa terdapat 4 jawaban tidak puas dan 16 jawaban puas. Bila diperhitungkan rata-rata maka bisa disimpulkan bahwa kepuasan responden sebesar 80 persen. ========================================================== Population growth in the city of Surabaya is increasing. High population growth as a result of the movement of people from rural to urban areas to earn a living more feasible when compared with the village and the number of jobs open in Surabaya. The growing city of Surabaya raises new problems ranging from crime, natural disaster, jamming, or damage to facilities - public facilities throughout the city of Surabaya. It is certainly very disturbing society Surabaya. Therefore the aim of the thesis was to build a system that can bridge between the citizen and the city government of Surabaya as the holders of power in order to convey to each other laporannnya. Through this application the public can submit its report through the site surabaya113. com. This report must be submitted with proof of that in the form of a photo in order to convince the government on the report. Another problem that arises in spite of the forum for the Surabaya to submit reports is the lowest participation rate in its report to upload to the site surabaya113. Surabaya society often submits its report in the form of a tweet on twitter. Therefore, on the backend of this application will also include a map of the distribution of the citizen report Surabaya taken from social networking twitter. Based on user acceptance testing (UAT) 62 answer from mediacenter are satisfied with our program but only 16 that unsatisfied from two resxii pondent. When calculated on average it could be inferred that the satisfaction level of 79.5 percent of respondents. While the internal UAT carried out by an internal team found that there are four answers dissatisfied and 16 satisfied answer. When calculated on average it could be inferred that the respondents’ satisfaction by 80 percent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSI 006.7 Pri r
Uncontrolled Keywords: jejaring sosial, twitter, crawling, regex, web services
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:32
Last Modified: 09 Oct 2019 01:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71053

Actions (login required)

View Item View Item