Redesain Kursi Tupenlavaro ( multi-purpose ) Produlsi PT. Matahari Alka (studi kasus PT. Matahari Alka, Cikarang, Jakarta)

Maulana, Indra (2005) Redesain Kursi Tupenlavaro ( multi-purpose ) Produlsi PT. Matahari Alka (studi kasus PT. Matahari Alka, Cikarang, Jakarta). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3498100033-Undergarduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 ini banyak kejadian-kejadian yang tercatat dalam sejarah dunia maupun Indonesia. Seperti halnya krisis moneter yang dimulai pada akhir tahun 1997 dan ternyata telah banyak merugikan perusahaan hingga bangkrut f "gulung tikar". Kejadian itu mendorong beberapa perusahaan untuk dapat bertahan sekuat tenaga dan upaya agar dapat bertahan. Dapat diambil contoh studi kasus pada PT. Matahari Alka (Maika) yang pada awal terjadinya krisis moneter memberhentikan beberapa kegiatanya dalam hal produksi, antara lain : produksi kertas dan produksi alat tulis kantor. Hal tersebut juga mempunyai maksud untuk memfokuskan produksinya pada mebel perkantoran (office furniture) yang telah cukup lama tertinggal oleh pesaingnya. Dengan adanya tujuan yang lebih fokus dari perusahaan, yaitu : mebel perkantoran, maka Malka-pun ingin memperbarui beberapa produknya (ReFreshment) agar lebih dikenal oleh masyarakat. Karena selama ini produk dari Maika masih jarang dikenal, serta tertinggal dari segi trend saat ini dan akan datang. Untuk produk Lavaro sendiri telah berumur lebih dari 10 tahun. Ditakutkan apabila telat melakukan re-freshment produk, maka perusahaan akan tertinggal dari perusahaan pesaing dan kalah dalam pasar mebel perkantoran lokal. Desain yang dikehendaki oleh perusahaan untuk menaikkan I mempertahankan image-nya dalam mebel perkantoran, yaitu : produk yang fresh I baru I belum pernah diproduksi I dibuat I didesain sebelumnya, dan memposisikan dirinya pada golongan "menengah ke atas", murah dalam biaya produksinya, mengikuti trend yang ada, mudah dalam pengerjaan produksinya, nyaman bagi pengguna. Kondisi akhir yang nantinya ingin dicapai oleh Maika, yaitu : dapat menaikkan angka penjualan dan lebih di kenai masyarakat I konsumen dalam hal trend dan kenyamanannya serta harga yang terjangkau .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSD 658.575 2 Mau r
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:15
Last Modified: 09 Oct 2019 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71069

Actions (login required)

View Item View Item