Analisis Waktu Bongkar Muat Terhadap Waktu Labuh Kapal General Cargo (GT<3500) di Pelabuhan Tanjung Perak

Rohmah, Dewi (2005) Analisis Waktu Bongkar Muat Terhadap Waktu Labuh Kapal General Cargo (GT<3500) di Pelabuhan Tanjung Perak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4101109601-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (54MB) | Preview

Abstract

Bongkar muat terjadi saat kapal berada di pelabuhan. Bongkar muat meliputi kegiatan mengangkut muatan dari kapal ke dermaga atau sebaliknya (stevedoring), memindahkan barang ke tempat penumpukan (cargodoring) dan penyusunan barang ke kendaraan angkutan darat (delivery). Analisis hubungan antara wakil1 bongkar terhadap waktu labuh dari tiga kapal general cargo (GT<3500) bertttiuan untuk mengetahui aktivitas kerja bongkar muat pada tahap stevedoring dmi tiap kapal. Dari analisa tersebut dapat diketahui efektifitas kerja btm1.h, jam kerja selama di tambatan, dan waktu yang tidak terpakai atau menganggur. Lalu dari perhitungan dan analisa dapat dibuat grafik untuk waktu labuh, waktu tam bat dan waktu bongkar muat kapal. Faktor yang mempengamhi analisis ini adalah durasi saat kapal berada di tambatan. Disamping itu, tonase muatan, peralatan, tenaga kerja, cuaca dan kendaraan pengangkut juga berpengamh pada lamanya wakil.1 tambat. Adapun hasil akhir dati analisa adalah kurang maksimalnya penggunaan waktu bongkar muat selama berada di tambatan, yang disebabkan oleh kurangnya penggtmaan waktu lembur sehingga waktu tmtuk istirahat semakin banyak, kerusakan alat bongkar muat dan hujan . .Tadi, semakin tinggi waktu bongkar muat di tambatan, maka semakin tinggijuga waktu labuh kapal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.888 1 Roh a
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:31
Last Modified: 09 Oct 2019 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71078

Actions (login required)

View Item View Item