Analisis Hambatan Dan Stabilitas Kapal Tradisional Mandar

Fairuzabadi, Ivan Mirza (2005) Analisis Hambatan Dan Stabilitas Kapal Tradisional Mandar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4197100050-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (61MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai jenis kapal kayu tradisional. Salah satu daerah yang terkenal memiliki beberapa jenis kapal kayu tradisional adalah daerah Mandar di Sulawesi Selatan. Jenis-jenis kapal tradisional tersebut antara lain kapal Sandeq, Soppe dan Lepa-lepa. Diantara ketiga jenis kapal tersebut yang paling terkenal adalah kapal Sandeq. Bahkan terdapat Iomba kapal layar yang terkenal dengan nama Sandeq Race. Dalam kaitan ini menarik untuk di kaji bagaimana kemampuan kapal-kapal tersebut jika ditinjau dari segi hambatan dan stabilitas. Dari segi hambatan, bagaimana pengaruh cadik terhadap besamya nilai hambatan kapal. Kemudian bagaimana koefisien hambatan dari ketiga jenis kapal tersebut. Dari segi stabilitas, bagaimana kemampuan stabilitas ketiga jenis kapal tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa cadik memiliki pengaruh terhadap besarnya hambatan kapal. Dari perhitungan hambatan yang dilakukan menunjukkan kapal dengan memakai cadik memiliki hambatan yang lebih besar dibandingkan dengan kapal yang tidak menggunakan cadik. Dari segi hambatan, dari ketiga jenis kapal tradisional Mandar tersebut kapal sandeq memiliki koefisien hambatan yang lebih kecil dibandingkan dengan soppe dan lepa-lepa. Dari perhitungan stabilitas yang dilakukan juga menunjukkan bahwa kapal-kapal tradisional Mandar yang menggunakan cadik memiliki kemampuan stabilitas yang jauh lebih baik dibandingkan jika kapal-kapal tersebut tidak menggunakan cadik. Sehingga dari sini dapat diketahui bahwa cadik memiliki pengaruh baik terhadap hambatan kapal maupun terhadap stabilitas kapal. Di satu sisi keberadaan cadik menambah hambatan kapal, namun di sisi lain keberadaan cadik sangat diperlukan untuk membantu performa kapal dalam hal stabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.82 Fai a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:42
Last Modified: 09 Oct 2019 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71089

Actions (login required)

View Item View Item