Putri, Maulin Masyito (2016) Pengembangan Model Dan Algoritma Heuristik Untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane Pada Automated Container Yard Dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal Dan Truk Angkut. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2514203008-paperpdf.pdf - Published Version Download (597kB) | Preview |
Preview |
Text
2514203008-master-theses.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
2514203008-presentationpdf.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) pada terminal peti
kemas terotomasi memerlukan strategi pengoperasian yang tepat. Adanya dua ASC
dengan ukuran yang sama dapat meningkatkan efektifitas CY (Container Yard).
Namun karena ASC memiliki ukuran yang sama maka ASC tidak dapat saling
melewati, sehingga memerlukan jarak antar ASC. Pada jarak tersebut salah satu
ASC akan berhenti untuk menunggu ASC lainnya menyelesaikan tugasnya dan
menjauh. Pengoperasian ASC tergantung oleh jadwal kedatangan kapal dan truk
angkut. Jadwal kedatangan kapal bersandar di dermaga untuk melakukan bongkar
muat mempengaruhi jadwal penerimaan (receiving) atau jadwal pengiriman
(delivery) peti kemas oleh ASC di area waterside. Sedangkan jadwal kedatangan
truk angkut memepengaruhi jadwal penerimaan atau jadwal pengiriman peti kemas
oleh ASC di area landside. Informasi tersebut sangat mempengaruhi kinerja ASC
dan pelayanan dari pelabuhan peti kemas. Karena itu perlu adanya sinkronisasi
antara pengoperasian kedua ASC dengan perencanaan kedatangan kapal dan truk.
Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan model dan algoritma heuristik
untuk mengoptimalkan pengoperasian Twin ASC dengan mensinkronisasikan
perencanaan kedatangan kapal dan truk. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan model dan algoritma yang dapat mengoptimumkan
pengoperasian ASC dengan menghasilkan total travel distance, total travel time
dan biaya energi yang minimum. Hasil percobaan numerik dari model dan
algoritma yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengoperasian Twin ASC
dengan memperhatikan rencana kedatangan truk angkut lebih optimal
dibandingkan memperhatikan rencana kedatangan kapal ataupun ketika
menggabungkan rencana kedatangan kapal dan truk angkut. Hal ini dikarenakan
tingginya variasi kedatangan truk dibandingkan kedatangan kapal, sehingga
membutuhkan adanya prioritas alokasi slot agar tidak terjadi pemindahan ulang peti
kemas saat truk datang. Dengan demikian dapat menghasilkan total travel distance,
total travel time dan biaya energi Twin ASC yang minimum.
==========================================================
The usage of Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) at the automated
container terminal require proper operation strategy. The existence of two ASC in
one block of CY can improve the effectiveness CY (Container Yard). But because
the ASC have the same size, the ASC can not pass each other, thus requiring the
distance between ASC. At that distance, one of ASC will stop and wait other ASC
completed the task and move away. To facilitate the operation, CY is divided into
two sides of the landside (near Gate) and the waterside (near berth). The ASC
operation depends on the arrival time of vessel and truck. Berthing time of the
vessel for loading and unloading affect the schedule reception (receiving) or
delivery schedules (delivery) of containers by ASC in the waterside area. While the
arrival time of trucks affect receiving or delivery schedule containers by ASC in the
landside area. Operation of ASC in serving containers from a vessel or truck also
affect the arrival and departure time of vessel and dump trucks. Such information
greatly affect the performance and service of the ASC container port. So we need
to synchronize twin ASC operation with the planning of arrival of ships and trucks.
In this research will be develop a model and a heuristic algorithm to optimize the
operation of Twin ASC by synchronizing the arrival time planning of ships and
trucks. The purpose of this research is to develop models and algorithms that can
optimize the operation of the ASC to produce a total travel distance, total travel
time and minimum energy costs. The results of numerical experiments of models
and algorithms developed indicate that the operation of the Twin ASC by observing
the planned arrival haul trucks is more optimal than pay attention to the planned
arrival or ship when dovetail arrival of the ship and truck transport. This is because
the variation in the arrival of the truck than the arrival of the vessel, thus requiring
their priority slot allocation in order to prevent the removal of the container when
the truck comes. Therefore, it can produce a total travel distance, total travel time
and costs Twin ASC minimum energy.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTI 658.8 Put p |
Uncontrolled Keywords: | Twin Automatic Stacking Crane, Rencana Kedatangan Kapal dan Truk Angkut, Algoritma Heuristik, Total Travel Distance, Total Travel Time |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 06:26 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 06:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71155 |
Actions (login required)
View Item |