Pengembangan Model Dan Algoritma Heuristik Untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane Pada Automated Container Yard Dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal Dan Truk Angkut

Putri, Maulin Masyito (2016) Pengembangan Model Dan Algoritma Heuristik Untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane Pada Automated Container Yard Dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal Dan Truk Angkut. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2514203008-paperpdf.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2514203008-master-theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2514203008-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) pada terminal peti kemas terotomasi memerlukan strategi pengoperasian yang tepat. Adanya dua ASC dengan ukuran yang sama dapat meningkatkan efektifitas CY (Container Yard). Namun karena ASC memiliki ukuran yang sama maka ASC tidak dapat saling melewati, sehingga memerlukan jarak antar ASC. Pada jarak tersebut salah satu ASC akan berhenti untuk menunggu ASC lainnya menyelesaikan tugasnya dan menjauh. Pengoperasian ASC tergantung oleh jadwal kedatangan kapal dan truk angkut. Jadwal kedatangan kapal bersandar di dermaga untuk melakukan bongkar muat mempengaruhi jadwal penerimaan (receiving) atau jadwal pengiriman (delivery) peti kemas oleh ASC di area waterside. Sedangkan jadwal kedatangan truk angkut memepengaruhi jadwal penerimaan atau jadwal pengiriman peti kemas oleh ASC di area landside. Informasi tersebut sangat mempengaruhi kinerja ASC dan pelayanan dari pelabuhan peti kemas. Karena itu perlu adanya sinkronisasi antara pengoperasian kedua ASC dengan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan model dan algoritma heuristik untuk mengoptimalkan pengoperasian Twin ASC dengan mensinkronisasikan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model dan algoritma yang dapat mengoptimumkan pengoperasian ASC dengan menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi yang minimum. Hasil percobaan numerik dari model dan algoritma yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengoperasian Twin ASC dengan memperhatikan rencana kedatangan truk angkut lebih optimal dibandingkan memperhatikan rencana kedatangan kapal ataupun ketika menggabungkan rencana kedatangan kapal dan truk angkut. Hal ini dikarenakan tingginya variasi kedatangan truk dibandingkan kedatangan kapal, sehingga membutuhkan adanya prioritas alokasi slot agar tidak terjadi pemindahan ulang peti kemas saat truk datang. Dengan demikian dapat menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi Twin ASC yang minimum. ========================================================== The usage of Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) at the automated container terminal require proper operation strategy. The existence of two ASC in one block of CY can improve the effectiveness CY (Container Yard). But because the ASC have the same size, the ASC can not pass each other, thus requiring the distance between ASC. At that distance, one of ASC will stop and wait other ASC completed the task and move away. To facilitate the operation, CY is divided into two sides of the landside (near Gate) and the waterside (near berth). The ASC operation depends on the arrival time of vessel and truck. Berthing time of the vessel for loading and unloading affect the schedule reception (receiving) or delivery schedules (delivery) of containers by ASC in the waterside area. While the arrival time of trucks affect receiving or delivery schedule containers by ASC in the landside area. Operation of ASC in serving containers from a vessel or truck also affect the arrival and departure time of vessel and dump trucks. Such information greatly affect the performance and service of the ASC container port. So we need to synchronize twin ASC operation with the planning of arrival of ships and trucks. In this research will be develop a model and a heuristic algorithm to optimize the operation of Twin ASC by synchronizing the arrival time planning of ships and trucks. The purpose of this research is to develop models and algorithms that can optimize the operation of the ASC to produce a total travel distance, total travel time and minimum energy costs. The results of numerical experiments of models and algorithms developed indicate that the operation of the Twin ASC by observing the planned arrival haul trucks is more optimal than pay attention to the planned arrival or ship when dovetail arrival of the ship and truck transport. This is because the variation in the arrival of the truck than the arrival of the vessel, thus requiring their priority slot allocation in order to prevent the removal of the container when the truck comes. Therefore, it can produce a total travel distance, total travel time and costs Twin ASC minimum energy.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.8 Put p
Uncontrolled Keywords: Twin Automatic Stacking Crane, Rencana Kedatangan Kapal dan Truk Angkut, Algoritma Heuristik, Total Travel Distance, Total Travel Time
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:26
Last Modified: 14 Oct 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71155

Actions (login required)

View Item View Item