Evaluasi Kualitas Concrete Box Girder Section A0 Box Girder Pier 38, 39 dan 40 Jembatan Suramadu

Husin, Nur Ahmad (2010) Evaluasi Kualitas Concrete Box Girder Section A0 Box Girder Pier 38, 39 dan 40 Jembatan Suramadu. In: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah X, Surabaya.

[img]
Preview
Text
ITS-Article-20189-EVALUASI_KUALITAS_CONCRETE_BOX_GIRDER_SECTION.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview

Abstract

Jembatan Suramadu merupakan salah satu jembatan panjang di Indonesia yang menghubungkan antara pulau jawa dan pulau Madura yang dipisahkan selat Madura. Keberadaannya sudah lama dinantikan masyarakat sebagai sarana untuk memperlancar arus perekonomian antar dua pulau yang terhubung. Jembatan ini membentang melintasi selat Madura dengan dilengkapi jalur untuk mobil maupun sepeda motor. Selama pelaksaannya ada box girder Section A0 di pier 38, 39 dan 40 yang diindikasikan atau diragukan keropos betonnya sebagaimana tampak pada permukaan eksisting box girder di lapangan selama pelaksanaan. Selanjutnya dilakukan pengamatan kondisi eksisting di lapangan berkaitan dengan kondisi beton box girder di lapangan. Hasil pengamatan visual di lapangan dijumpai beberapa hal berkaitan dengan kondisi beton box girder A0 38, 39 dan 40 yakni (a). Adanya bekas perbaikan pada beton (b). Chipping pada dinding sisi luar gresik. (c). Adanya keropos di bawah angker (d). Keropos pada bagian bawah lantai box Gresik (e). Adanya indikasi tidak menyatu (cold joint) pada pelaksanaan pengecoran. Untuk mengetahui kondisi beton dari box girder dilakukan pengetesan baik destruktif maupun nondestruktif . Nondestruktif test berfungsi untuk pemetaan kondisi pengecoran box girder sehingga bisa diindikasikan bagian-bagian beton yang baik dan kurang baik. Bagian beton yang diindikasikan kurang baik dilakukan destruktif test untuk memastikan indikasi yang mencurigakan terhadap kondisi beton girder. Hasil pengetesan tersebut diatas diperoleh bahwa kondisi beton box girder yang diindikasikan keropos sampai pada bagian dalam beton box girder tidak terbukti setelah dilakukan 2853 pengetesan dengan nondestruktif dengan ultrasonic test ditambah dengan 7 destruktif test yakni dengan core drill test pada bagian yang diindikasikan keropos. Dari hasil uji UPV menunjukkan kepadatan beton masih bisa diterima dan indikasi keropos pada bagian dalam box girder terbukti. Keropos terjadi pada bagian permukaan saja. Kondisi tersebut diperkuat dengan hasil core drill yang sama sekali tidak menujukkan keropos pada bagian dalam box girder akan tetapi hanya pada bagian permukaan saja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Identifier : ITS-Article-31105120000067 Collection ID : 31105120000067
Uncontrolled Keywords: Destruktif test, nondestruktif test, keropos
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA492.G5 Girders
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:29
Last Modified: 15 Oct 2019 06:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71171

Actions (login required)

View Item View Item