Ravell, Ryan Arnoldi Novellino (2015) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Guru Dalam Menggunakan Elearning Di Pendidikan Tingkat Menengah Dengan Menggunakan Technology Accceptance Model. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5211100107-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya pendidikan di dunia,
maka berkembang juga metode pembelajaran yang mulai
mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan
metode pembelajaran adalah e-learning. E-learning adalah
model pembelajaran yang telah disusun dalam format digital
dan diakses melalui perangkat-perangkat elektronik. SMPN 1
Jember merupakan salah satu institusi pendidikan menengah
yang ingin menerapkan e-learning. Namun banyak sekali
penerapan e-learning yang gagal karena guru tidak
menggunakannya. Hal ini disebabkan karena guru merasa
bahwa metode pembelajaran e-learning sangat sulit dilakukan,
terlalu rumit, dan tidak familiar. Persepsi-persepsi tersebut
merupakan penjabaran guru mengenai niat guru untuk elearning.
Pada penelitian ini dilakukan analisis niat guru untuk
menggunakan e-learning berdasarkan Technology Acceptance
Model (TAM) yang memiliki beberapa faktor yaitu perceived
ease of use, perceived usefulness, attitude toward use,
behavioral intention to use, dan actual system use. Dalam
penelitian ini akan ditambahkan 3 faktor eksternal yang berasal
vi
dari sisi pengguna yaitu experience, facilitating conditions, dan
self efficacy.
Hasil dari penelitian ini adalah kondisi aktual masingmasing
faktor dalam persentase dan korelasi-korelasi antar
faktor yang mempengaruhi niat guru. Untuk faktor yang
berpengaruh buruk atau memiliki kondisi aktual yang kurang
maksimal tetapi signifikan akan diberikan rekomendasi untuk
perbaikan. Dengan adanya penelitian ini berguna untuk
memberikan gambaran mengenai tingkat penerimaan yang
digambarkan melalui niat guru pada implementasi e-learning
di pendidikan tingkat menengah dan juga faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi niat guru. Selain itu, penelitian ini dapat
membantu SMPN 1 Jember untuk menerima implementasi elearning
ini menjadi lebih baik dengan memberikan
rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan niat guru untuk
menggunakan e-learning.
======================================================================================================
With increasing education growth in the world, it is also
developing new learning method that follow the development of
technology. One of the development of learning is by using elearning.
E-learning is a learning model that compiled in
digital format and are accessible through electronic devices/
SMPN 1 Jember is one of the middle level education institutions
that wish to implement e-learning. But an awful lot of the elearning
implementation that failed because the teacher no
wanting to use it. This is because teachers feel that method of
learning with e-learning is very difficult, very complicated and
isn’t familiar. That perception is teacher perception regarding
the intention of the teacher to e-learning.
This research was conducted on the analysis of the
teacher’s intention to use e-learning based on Technology
Acceptance Model (TAM) which has several factors namely the
perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward use,
behavioral intention to use, and actual system use. In this
research will be added 3 external factors stemming from the
user’s side i.e experience, facilitating conditions, and selfefficacy.
The results of this research are the actual conditions of
each factor in the percentage and correlation-correlation
viii
between factors influencing teacher’s intentions. Factors that
influently bad or insuffiecient actual conditions will be given
significant recommendation for improvement. This research is
useful for giving idea about user acceptance through teacher’s
intention to use e-learning in the middle level education and
also any factors that affect the intention of the teacher. In
addition, this research can help SMPN 1 Jember to receive this
e-learning implementations for the better by providing
recommendations to improve teacher’s intention to use elearning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 519.53 Rav a |
Uncontrolled Keywords: | penerimaan pengguna, penerimaan guru, TAM, E-learning, SEM |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 03:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 03:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71180 |
Actions (login required)
View Item |