Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah Dengan Menggunakan Algoritma Genetika Dan Metode Constraint Satisfaction Pada Active Database, Studi Kasus Di Jurusan Teknik Informatika ITS

Wiriapradja, Giri (2006) Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah Dengan Menggunakan Algoritma Genetika Dan Metode Constraint Satisfaction Pada Active Database, Studi Kasus Di Jurusan Teknik Informatika ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5103109608-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembuatan jadwal pada Jurusan Teknik Informatika ITS harus dilakukan pada setiap pergantian semester. Padahal pembuatan jadwal ini membutuhkan waklu, tenaga dan ketelitian untuk membuatnya. Karena pembuatan sebuah jadwal diharuskan memperhatikan aturan-aturan dalam penjadwalan dan waktu tunggu agar mahasiswa tidak terlalu lama menunggu suatu kuliah ke kuliah selanjutnya. Karena ilu diperlukan penjadwalan otomatis yang dapat membuat jadwal dengan cepat dan mudah, sehingga masalah pembuatan jadwal matakuliah dapat diselesaikan dengan lebih efisien. Pada Tugas Akhir ini berdasarkan studi kasus permasalahan yang terjadi didalam Jurusan Teknik Informatika ITS telah diimplementasikan sebuah perangkat lunak dengan memanfaatkan constraint satisfaction untuk menyelesaikan masalah pembuatan jadwal dan algoritma genetika dalam menyelesaikan optimasi jadwal dalam hal waktu tunggu mahasiswa. Dari uji coba yang dilakukan, aplikasi yang dibuat mampu melakukan pembuatan jadwal yang dapat memenuhi aturan-aturan penjadwalan. Dan selain itu juga mampu melakukan optimasi terhadap waktu tunggu mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Wir a
Uncontrolled Keywords: algoritma genetika, constraint satisfaction problem, optimasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.5 Genetic algorithms.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:53
Last Modified: 17 Oct 2019 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71233

Actions (login required)

View Item View Item