Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Dengan Flexible Pavement Pada Ruas Jalan Desa Sobo – Desa Munjungan, Proyek Jalur Lintas Selatan Jawa Timur

Pancaningrum, Andithasari (2016) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Dengan Flexible Pavement Pada Ruas Jalan Desa Sobo – Desa Munjungan, Proyek Jalur Lintas Selatan Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img] Text
3114105071-undergraduated-theses.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Di Provinsi Jawa Timur mempunyai jaringan jalan di wilayah utara dan selatan. Pergerakan lalu lintas barang dan manusia di wilayah utara lebih cepat jika dibandingkan dengan wilayah selatan. Demi menghilangkan jenjang tersebut, kebijakan pembangunan Propinsi Jawa Timur diarahkan ke wilayah selatan melalui pembangunan jalan “Jalur Lintas Selatan (JLS)” Jawa Timur yang direncanakan sepanjang 654,67 km. Maka dari itu diperlukan perencanaan geometrik jalan yang paling efektif dan tebal perkerasan yang cukup. Dalam tugas akhir ini, jalur lintas selatan yang akan dibahas adalah ruas jalan Ds. Sobo, Kec. Panggul – Ds. Munjungan, Kec. Munjungan, dengan panjang 14364,35 meter. Data yang digunakan hanya mencakup data sekunder dari proyek JLS (Ruas Panggul – Munjungan) yaitu data LHR, data pengujian tanah, data hidrologi, dan data topografi. Analisis data menggunakan Manual Desain Pekerasan Jalan 2013, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota DPU Bina Marga, Perencanaan Sistem Drainase Jalan Tahun 2006, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014, perhitungan analisa biaya menggunakan Standard Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek Tahun 2013. iv Hasil perencanaan jalan Ds. Sobo-Ds. Munjungan STA 14+400 s/d 28+764,35 didapat alinemen geometrik dengan lebar jalan 7 meter dan bahu jalan 1,5 meter. Ruas ini membutuhkan lapis perkerasan AC-WC sebesar 40mm, AC Binder sebesar 60 mm, AC Base sebesar 80 mm, dan LPA sebesar 300 mm. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk trapesium menggunakan bahan dari tanah asli. Saluran tepi menggunakan lebar dasar saluran sebesar 0,2 s/d 1,5 meter dan tinggi saluran 0,52 s/d 2,37 meter. Total estimasi biaya adalah Rp 124.776.278.000 (Terbilang: seratus dua puluh empat milyar tujuh ratus tujuh puluh enam juta dua ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah). ====================================================== In East Java Province has a road network in the north and south teritory. Traffic movement of goods and people in the north teritory faster when compared to the south. For the sake of eliminating the levels, the development policy of East Java Province directed to the south through the construction of roads "Jalur Lintas Selatan" East Java is planned along 654,67 km. Therefore it necessary to planning the most effective geometric and pavement thickness sufficient. In this thesis, southern trails to be cobered roads, sobo village, panggul district - munjungan village, munjungan district with a lenght 14364,35 m. The data used includes only secondary data of JLS project (road section Panggul - Munjungan) that is LHR data, soil test data, hydrocogical data and topographical data. Data analysis using manual design of pavement road 2013, planning procesure geometric way inter-city DPU highways, planning drainage system road 2006, guidliness for the indonesian highway capacity 2014, the calculation of cost analysis using standart unit price base construction and analysis unit price works public work department Munjungan district, trenggalek city in 2013. The result of road planning sobo village - munjungan village STA 14+400 till 28+764,35 geometric alignment obtained with a road width of 7 meters and 1,5 meter shoulders. This vi segment requires AC-WC pavement of 40mm, AC Binder by 60mm, AC base by 80m and LPA of 300 mm. Planning the edge channel using materials from the native island. Edge channel using the basic channel width of 0,2 till 1,5 meter high channel 0,52 till 2,37 meter. The total eatimated cost is IDR 124.776.278.000 (Amount : One hundred and twenty four billion seven hundred and seventy six million and two hundred and seventy eight thousand rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.76 Pan p
Uncontrolled Keywords: Geometrik, JLS, Metode Bina Marga, Perencanaan, Perkerasan Lentur, RAB, Trip Assignment, Saluran Tepi Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Oct 2019 05:24
Last Modified: 19 Oct 2019 05:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71281

Actions (login required)

View Item View Item