Analisa Risiko Kecelakaan Motor Vehicle Crash MVC Dan Injury Di Proyek PT. X Dengan Metode Fault Tree

., Murdiyono (2013) Analisa Risiko Kecelakaan Motor Vehicle Crash MVC Dan Injury Di Proyek PT. X Dengan Metode Fault Tree. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9110201709-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. X mempunyai semboyan dan gerakan yang disebut Zeros is attainable. Maksud dari semboyan dan gerakan tersebut adalah perusahaan mempunyai target untuk mencapai suatu kualitas operasi yang handal dengan nihil kecelakaan kendaraan bermotor Motor Vehicle Crash atau MVC nihil oil spill tumpahan minyak nihil fatality nihil kebakaran fire nihil cedera yang dicatat Total Recordable Injury atau TRI dan nihil hilangnya hari kerja Days Away from Work atau DAFW. Dalam periode tiga tahun 2009-2011 data yang diperoleh dari Departemen HES Health Environment Safety PT. X menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan kendaraan bermotor MVC masih sangat tinggi. MVC menduduki peringkat pertama dengan angka 7238 atau 304 kejadian disusul injury atau cedera yang terdiri dari komponen TRI dan DAFW dengan angka 25.00 atau 105 kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber penyebab kecelakaan kendaraan bermotor MVC dan injury serta langkah-langkah yang dapat diambil dan diterapkan untuk mengurangi angka kecelakaan kendaraan bermotor dan injury. Metode yang digunakan adalah Fault Tree Analysis untuk menganalisa probabilitas terjadinya kecelakaan tersebut. Pemodelan pohon kegagalan dan usulan mitigasi dilakukan melalui Focus Group Discussion FGD dengan beberapa pihak yang terkait diantaranya adalah HES health environment safety engineer HES analyst construction engineer field construction representative project engineer project manager subject matter expert SME serta perwakilan dari mitra kerja. Hasil Fault Tree Analysis untuk MVC diperoleh minimum cut sets tertentu yang mempunyai probabilitas terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor sebesar 06933. Tindakan tidak aman dari pengemudi lain merupakan faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor. Sedangkan untuk injury diperoleh minimum cut sets tertentu yang mempunyai probabilitas terjadinya kecelakaan kerja yang mengakibatkan injury sebesar 08123. Penyebab utama dari kecelakaan kerja yang mengakibatkan cedera adalah pekerja gagal melakukan identifikasi bahaya sekitar. Setelah dilakukan upaya perbaikan ataupun penanganan risiko maka diperoleh probabilitas terjadinya kecelakaan yang baru. Probabilitas terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor menjadi sebesar 06501. Sedangkan probabilitas terjadinya kecelakaan kerja yang mengakibatkan injury menjadi sebesar 07227. ========== PT. X has a slogan and program called zeros is attainable. The purpose of the slogan and program is that company has a target to achieve a good quality and reliable operation with a zero motor vehicle crash or MVC zero oil spill zero fatality zero fire zero total recordable injury or TRI and zero days away from work or DAFW. Company believes that those can be achieved. Within three years 2009-2011 the data which is obtained from HES Department Health Safety Environment of PT. X indicates that the rate of motor vehicle crash or MVC is still very high. MVC was in the first ranking with 72.83 or 304 events followed with injury which include of TRI and DAFW in the second ranking with 25.00 or 105 events. This study aim to identify things that can cause motor vehicle crashes MVC and injuries TRIDAFW and actions that can be taken implemented to reduce the number of motor vehicle accidents and injury. The method used is Fault Tree Analysis FTA to analyze the probability likelihood of accident occurrences. Faul tree modelling and mitigation proposed are conducted through Focus Group Discussion FGD with stakeholders involvement consist of HES health environment safety engineer HES analyst construction engineer field construction representative project engineer project manager subject matter expert SME also business partner representatives. The results of Fault Tree Analysis for MVC obtained minimum cut sets and has a probability of motor vehicle crash at 0.6933. Unsafe acts by others driver is the main cause of motor vehicle crash in PT. X during 2009-2011. While for injury obtained minimum cut sets and has a probability of injury at 0.8123. The primary cause of accidents which lead to injury is failed to identify surronding hazards. After having improvement of risk handling it is obtained new minimum cut sets and also new probabilities of incidents. New probability of motor vehicle crash at 0.6501 while new probability of injury at 0.7227.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Collection ID : 91003140000507 Call Number : RTMT 658.155 Mur a 2013
Uncontrolled Keywords: Cedera; Fault Tree Analysis; Kecelakaan kerja; Kendaraan bermotor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:57
Last Modified: 21 Oct 2019 02:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71285

Actions (login required)

View Item View Item