Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Sistem Inventori Terdistribusi Dengan Menerapkan Object Relational Database Management System Pada Oracle 9i

Setyaningtyas, Anita (2006) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Sistem Inventori Terdistribusi Dengan Menerapkan Object Relational Database Management System Pada Oracle 9i. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5198100039-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Dalam penanganan data dibutuhkan sebuah Database Management System (DBMS) untuk mengatur dan mengontrol akses ke basis data tersebut. Dari DBMS kemudian dikembangkan Relational Database Management System (RDRMS) agar antara entitas yang satu dengan entitas yang lain dalam basis data tersebut dapat berelasi untuk mengurangi redundancy data dan menjaga integrity constraint. Kesuksesan RDBMS masih dinilai be/urn mampu untuk menangani aplikasi yang kompleks dan belum mendekati real-world entities akibat dari proses normalisasi. Sedangkan pada pemodelan obyek, sistem dideskripsikan berdasarkan obyek-obyek, yaitu abstraksi pemrograman yang memiliki identity, behavior dan state. Dalam pemrograman berdasar obyek, digunakan tipe data atau user-defined types untuk memodelkan struktur dan behavior dari data pada aplikasi. Object Relational Database System (ORDBMS) akan menggabungkan antara fitur yang ada pada model obyek dan fitur yang ada pada model relasional, yaitu menerapkan konsep pada pemrograman berdasar obyek sebagai perluasan dari model relasional, sehingga pada ORDBMS ini mempunyai integrity constraint yang tetap terjaga dan mendukung untuk data yang kompleks. Selain itu, penerapan model obyek yang reusable dapat mempermudah pembuatan aplikasi basis data. Dalam tugas akhir ini dibuat suatu aplikasi untuk sistem inventori terdistribusi dengan menerapkan konsep ORDBMS untuk basis datanya dan konsep FIFO untuk pencatatan harga barang. Desain sistem inventori ini berdasarkan enterprise architecture, yaitu arsitektur yang terbagi dalam 3 layer (layer aplikasi, layer bisnis dan layer data akses). Sistem inventori ini juga didesain menjadi aplikasi terdistribusi, yaitu masing-masing layer dapat diletakkan pada komputer yang beda yang memanfaatkan teknologi dari .NET yaitu .NET Remoting. Aplikasi yang dibangun mengimplementasikan teknologi - teknologi tersebut. Sistem ini mengimplementasikan mekanisme FIFO dengan meletakkan operasi I metodenya pada layer bisnis. Ada beberapa kendala yang menyebabkan metode FIFO tidak dapat diletakkan pada "TYPE" di ORDBMS Oracle 9.2.0.1. Adanya keterbatasan Microsoft ADO.NET dalam mengakomodir struktur Oracle ORDBMS juga menyebabkan kekuatan masing-masing kurang bisa termanfaatkan secara penuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Set p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:06
Last Modified: 21 Oct 2019 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71289

Actions (login required)

View Item View Item