Perencanaan Abutment Dan Badan Jalan Kereta Api STA 180+500 Double Track Madiun-Paron

Baequnie, Hafidh (2015) Perencanaan Abutment Dan Badan Jalan Kereta Api STA 180+500 Double Track Madiun-Paron. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113105018-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada proyek penambahan jalur baru trek kereta api rute Madiun – Paron pada STA 180+500 terdapat sungai, sehingga diperlukan perencanaan jembatan. Pada sisi barat dan timur jembatan merupakan daerah persawahan yang mempunyai elevasi lebih rendah daripada elevasi jembatan yang akan direncanakan. Untuk itu perlu konstruksi timbunan agar memiliki elevasi yang sama. Tanah dasar di bawah timbunan jembatan ini adalah jenis tanah lempung lembek. Melihat kondisi tanah seperti itu maka dapat diketahui bahwa tanah dasarnya mempunyai daya dukung rendah, pemampatan yang besar, dan koefisien permeabilitas yang kecil. Sedangkan konstruksi timbunan itu sendiri juga beresiko mengalami kelongsoran karena beban timbunan yang melampaui kemampuan tanah dasar dalam memikul beban. Untuk menghindari terjadinya kelongsoran, maka perlu dilakukan pemasangan perkuatan. Sedangkan untuk mempercepat proses konsolidasi perlu dipasang PVD. Pada tugas akhir ini akan direncanakan 2 alternatif system perbaikan tanah untuk perencanaan timbunan. Alternatif pertama yaitu preloading yang dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan geotextile. Alternative kedua yaitu preloading viii yang dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan micropile. Kedua abutment yang direncanakan memiliki ketinggian 6 m. pondasi yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pondasi tiang pancang. Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa PVD yang digunakan adalah PVD jenis “CeTeau-Drain CTD822” dengan spesifikasi lebar : 100 mm dan ketebalan : 4 mm. Pola pemasangan yang dipilih adalah pola segitiga dengan jarak 1,4 meter untuk sisi barat dan 1,3 meter untuk sisi timur. Untuk perkuatan dengan geotextile, digunakan geotextile type Stabilenka 300/45. Pada sisi barat dibutuhkan sebanyak 10 lembar, dan sisi timur dibutuhkan sebanyak 10 lembar, setiap lapis dipasang 1 lembar geotextile dengan jarak Sv 0.5 meter. Sedangkan pada konstruksi micropile digunakan micropile dimensi 20x20, diperlukan 10 buah per meter dengan panjang 8.5 meter untuk sisi barat dan 13 buah per meter dengan panjang 4 meter untuk sisi timur. Dari hasil perhitungan didapatkan dimensi abutment selebar 13 meter dengan dimensi pile cap (1 x 5 x 13)m yang ditopang pondasi tiang pancang diameter 0.6 m sebanyak 18 buah dengan kedalaman 26 meter untuk sisi barat dan 15 buah dengan kedalaman 16 meter untuk sisi timur. ======================================================================================================= In the project of double tracks Madiun – Paron at STA 180+500 there is a river, so that it needed a new bridge located on the west side and east side. In area surrounding that bridge, there are rice fields that has lower elevation thqn elevation on the new bridge. So that, we need an embankment in order to make same elevation. Soil conditions at oprit is soft clay. Soil like that has essentially low bearing capacity, high settlement and lower coefficient of permeability. While the construction of embankment itself is also at risk of sliding under the weight of which exceed the bearing capacity of soil. To avoid sliding , it is needed to assemble reinforcement. Meanwhile, to accelerate the process of consolidation needs to be assembled PVD . In this final project, it will be planned two alternative systems for designing soil improvement. The first alternative was preloading embankment combined with Prefabricated Vertical Drain (PVD) and the geotextile. The second alternative was preloading embankment combined with PVD and micropile. Both of design had 6 m in height of abutment. From the calculation , it was found that the type of PVD which used type " CeTeau - Drain CT - D822 " with the specification width : 100 mm and thickness : 4 viii mm . The selected mounting pattern was a triangular pattern with distance about 1.4 meters for west side and 1.3 meters on east side . For reinforced, it used geotextile type Stabilenka 300/45 . in the west side, it was nedeed 10 sheets of geotextile and the east side was needed 10 sheets of geotextile . Each sheet layer of geotextile had distance (Sy) about 0.5 meters. While the construction of micropile used micropile with dimensions 20x20 , required about 10 pieces per meter with length about 8.5 meters in west side and 13 pieces per meter with length 4 meters in east side . From the calculation results, it obtained abutment width dimension about 13 meters with pile cap dimensions ( 1 x 5 x 13 ) m which sustained pile foundation with diameter 0.6 m about 18 pieces with depth was 26 meters in west side and 15 pieces with depth was 16 meters in east side

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.1 Bae p
Uncontrolled Keywords: Timbunan, Geotextile, Micropile, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Penurunan, Preloading, Abutment, Pondasi.
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:07
Last Modified: 21 Oct 2019 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71290

Actions (login required)

View Item View Item