Perencanaan Abutment Dan Badan Jalan Kereta Api STA 180+500 Double Track Madiun-Paron

Baequnie, Hafidh (2015) Perencanaan Abutment Dan Badan Jalan Kereta Api STA 180+500 Double Track Madiun-Paron. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113105018-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3113105018-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada proyek penambahan jalur baru trek kereta
api rute Madiun – Paron pada STA 180+500 terdapat
sungai, sehingga diperlukan perencanaan jembatan. Pada
sisi barat dan timur jembatan merupakan daerah
persawahan yang mempunyai elevasi lebih rendah
daripada elevasi jembatan yang akan direncanakan.
Untuk itu perlu konstruksi timbunan agar memiliki elevasi
yang sama. Tanah dasar di bawah timbunan jembatan ini
adalah jenis tanah lempung lembek. Melihat kondisi
tanah seperti itu maka dapat diketahui bahwa tanah
dasarnya mempunyai daya dukung rendah, pemampatan
yang besar, dan koefisien permeabilitas yang kecil.
Sedangkan konstruksi timbunan itu sendiri juga beresiko
mengalami kelongsoran karena beban timbunan yang
melampaui kemampuan tanah dasar dalam memikul
beban. Untuk menghindari terjadinya kelongsoran, maka
perlu dilakukan pemasangan perkuatan. Sedangkan untuk
mempercepat proses konsolidasi perlu dipasang PVD.
Pada tugas akhir ini akan direncanakan 2
alternatif system perbaikan tanah untuk perencanaan
timbunan. Alternatif pertama yaitu preloading yang
dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain
(PVD) dan geotextile. Alternative kedua yaitu preloading
viii
yang dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical
Drain (PVD) dan micropile. Kedua abutment yang
direncanakan memiliki ketinggian 6 m. pondasi yang
digunakan dalam perencanaan ini adalah pondasi tiang
pancang.
Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa PVD
yang digunakan adalah PVD jenis “CeTeau-Drain CTD822”
dengan spesifikasi lebar : 100 mm dan ketebalan :
4 mm. Pola pemasangan yang dipilih adalah pola
segitiga dengan jarak 1,4 meter untuk sisi barat dan
1,3 meter untuk sisi timur. Untuk perkuatan dengan
geotextile, digunakan geotextile type Stabilenka
300/45. Pada sisi barat dibutuhkan sebanyak 10
lembar, dan sisi timur dibutuhkan sebanyak 10
lembar, setiap lapis dipasang 1 lembar geotextile
dengan jarak Sv 0.5 meter. Sedangkan pada
konstruksi micropile digunakan micropile dimensi
20x20, diperlukan 10 buah per meter dengan
panjang 8.5 meter untuk sisi barat dan 13 buah per
meter dengan panjang 4 meter untuk sisi timur. Dari
hasil perhitungan didapatkan dimensi abutment
selebar 13 meter dengan dimensi pile cap (1 x 5 x
13)m yang ditopang pondasi tiang pancang diameter
0.6 m sebanyak 18 buah dengan kedalaman 26 meter
untuk sisi barat dan 15 buah dengan kedalaman 16
meter untuk sisi timur.
=======================================================================================================
In the project of double tracks Madiun – Paron at STA
180+500 there is a river, so that it needed a new bridge
located on the west side and east side. In area surrounding that
bridge, there are rice fields that has lower elevation thqn
elevation on the new bridge. So that, we need an embankment in
order to make same elevation. Soil conditions at oprit is soft
clay. Soil like that has essentially low bearing capacity, high
settlement and lower coefficient of permeability. While the
construction of embankment itself is also at risk of sliding under
the weight of which exceed the bearing capacity of soil. To
avoid sliding , it is needed to assemble reinforcement.
Meanwhile, to accelerate the process of consolidation needs to
be assembled PVD .
In this final project, it will be planned two
alternative systems for designing soil improvement. The
first alternative was preloading embankment combined
with Prefabricated Vertical Drain (PVD) and the
geotextile. The second alternative was preloading
embankment combined with PVD and micropile. Both of
design had 6 m in height of abutment.
From the calculation , it was found that the type
of PVD which used type " CeTeau - Drain CT - D822 "
with the specification width : 100 mm and thickness : 4
viii
mm . The selected mounting pattern was a triangular
pattern with distance about 1.4 meters for west side and
1.3 meters on east side . For reinforced, it used geotextile
type Stabilenka 300/45 . in the west side, it was nedeed 10
sheets of geotextile and the east side was needed 10
sheets of geotextile . Each sheet layer of geotextile had
distance (Sy) about 0.5 meters. While the construction of
micropile used micropile with dimensions 20x20 ,
required about 10 pieces per meter with length about 8.5
meters in west side and 13 pieces per meter with length 4
meters in east side . From the calculation results, it
obtained abutment width dimension about 13 meters with
pile cap dimensions ( 1 x 5 x 13 ) m which sustained pile
foundation with diameter 0.6 m about 18 pieces with
depth was 26 meters in west side and 15 pieces with depth
was 16 meters in east side

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.1 Bae p
Uncontrolled Keywords: Timbunan, Geotextile, Micropile, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Penurunan, Preloading, Abutment, Pondasi.
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:07
Last Modified: 21 Oct 2019 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71290

Actions (login required)

View Item View Item