"Penerapan Metode Ekonometrik Untuk Mengukur Produktivitas Marginal Faktor-Faktor Input Terhadap Output Aggregatnya Dan Fungsi-Fungsi Biaya Dalam Menentukan Perencanaan kegiatan Usaha (Studi Kasus: PT.Telkom, Tbk Kandatel Surabaya Barat) "

Setiawan, Budi Dharma (2000) "Penerapan Metode Ekonometrik Untuk Mengukur Produktivitas Marginal Faktor-Faktor Input Terhadap Output Aggregatnya Dan Fungsi-Fungsi Biaya Dalam Menentukan Perencanaan kegiatan Usaha (Studi Kasus: PT.Telkom, Tbk Kandatel Surabaya Barat) ". Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2595100046-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk melakukan pengkajian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi Kandatel Surabaya Barat dalam menghasilkan output aggregatnya (pulsa telepon ). Dimana dalam menghasilkan outputnya tersebut sangat dipengaruhi faktor-faktor ekstemal dan internal dari perusahaaan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemakaian pulsa telepon secara nyata dipengaruhi oleh faktor ekstemal perusahaan yaitu tingkat populasi wilayah operasional Kandatel Surabaya Barat dan laju inflasi umum (Kota Surabaya). Sedangkan untuk tingkat produksi pulsa yang dihasilkan menunjukkan bahwa produktivitas marginal dari faktor total jumlah kapasitas SST terpasang di STO,biaya pemasaran, dan biaya penyusutan memberikan kontribusi terbesar pada laju kenaikan produksi pulsa telepon karena adanya increasing return to scale sehingga apabila dilakukan peningkatan/ penambahan penggunaan faktor-faktor tersebut ratarata sebesar 10 % maka terj adi laju kenaikan produksi pulsa sebesar 15,21%. Pengembangan fimgsi-fimgsi biaya yang dilakukan dalam penelitian ini menginformasikan skala ekonomis usaha jangka panjang Kandatel Surabaya Barat tercapai volume produksi sebesar 253.685.702 pulsa dengan rata-rata biaya sebesar Rp. 45,89. Sedangkan keberadaan cakupan ekonomis usaha dalam menghasilkan produk komplementer (pulsa telepon dan SST) secara umum hanya terjadi pada biaya operasi pemeliharaan, biaya interkoneksi, dan biaya administrasi umum yang ditunjukkan dari nilai parameter dari variabel cakupan ekonomis yang signifikan negatif yang berarti adanya penurunan rata-rata biayanya Hal ini menginformasikan perlunya diversifikasi jenis klasifikasi SST pelanggannya dan meningkatkan utilisasi SST yang dimilikinya agar biaya-biaya yang lain dapat direduksi . Hasil dari simulasi atas perencanaan kebijakan usahanya untuk tahun 1999 menginformasikan kepada Kandatel Surabaya Barat melakukan penambahan kapasitas per bulannya rata-rata 1,4 % dan tahun 2000 sebesar 1 % sedangkan alokasi anggaran biaya pemasaran per bulannya tahun 1999 diperkirakan Rp. 921.436.855 dan tahun 2000 diperkirakan sebesar Rp. 1.089.348.000 (harga 1996=100).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 3 Set p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:32
Last Modified: 23 Oct 2019 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71361

Actions (login required)

View Item View Item