Studi Estimasi Scouring Dan Free Spans (Bentangan Bebas) Pada Pipa Bawah Laut PT Exxonmobil Di Perairan Tuban,Jawa Timur

Hertia, Asmirianti Nur (2003) Studi Estimasi Scouring Dan Free Spans (Bentangan Bebas) Pada Pipa Bawah Laut PT Exxonmobil Di Perairan Tuban,Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4398100031-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Semakin bertambahnya kebutuhan minyak di dunia , sangat mempengaruhi perkembangan bangunan lepas pantai untuk mencari dan memproduksi minyak , maka perkembangan sarana transportasi minyak ke pantai (darat ) yaitu pipa bawah laut juga ikut mengalami perkembangan . Pipa bawah laut dalam hal kestabilan mempunyai masalah yang rumit . Faktor yang perlu diperhatikan yaitu proses scouring (penggerusan ) di sekitar pipa dan bentangan bebas . Hal ini karena pipa bawah laut berinteraksi langsung dengan dasar laut yang mudah tererosi yang disebabkan oleh arus dan gel ombang . Scouring yang terj adi dapa t mengakibatkan sebagian pipa timbul keluar , apabila bentangan bebas cukup panjang pipa dapat mengalami osilasi dan akhirnya pa tah . Adanya fenomena ini maka dalam perencanaan pipa bawah laut perlu dilakukan estimasi kedalaman scouring dan panjang bentangan bebas (free spas) untuk mengantisipasi kegagalan dari pipa . Analisa estimasi ini perlu melihat pengaruh dari arus dan gelombang , diameter pipa serta ukuran butiran tanah . Analisa scouring meggunakan tiga formulsi , yaitu Technical University of Norway, Delft University of Technology dan Nanyang Technological University . Dari analisa yang dilakukan diantara ketiga formulasi yang sesuai untuk Perairan Tuban dimana pada lokasi menggunakan pipa berdiameter 20inch adalah formulasi Nanyang Technological Universi ty. Sehi ngga kedalaman scouring minimumnya didapa t harga sebesar 9 , 5xl o-6m dan maksimumnya sebesar 0 , 274m . Sedang panjang bentangan bebas maksimum sebesar 36,13m .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKE 665.544 Her S
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.5 Petroleum pipelines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:58
Last Modified: 24 Oct 2019 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71383

Actions (login required)

View Item View Item