Sari, I Gusti Agung Dwitya Indah (2016) Studi Kelayakan Ekonomi Pembangunan Flyover Pada Simpang Gejayan, Yogyakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3112100003-undergraduate-theses.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemacetan merupakan sebuah permasalahan yang harus
dihadapi warga Yogyakarta. Salah satu hal yang menjadi
penyebab kemacetan di Yogyakarta adalah ruas jalan yang sudah
tidak mampu lagi menampung volume kendaraan yang selalu
bertambah setiap harinya namun tidak dibarengi dengan
peningkatan fasilitasnya. Salah satu contoh daerah rawan macet
di Yogyakarta adalah Persimpangan Gejayan. Jalan Gejayan
sering sekali terjadi kemacetan, khususnya pada jam berangkat
dan pulang kantor. Mengingat hal tersebut sudah menjadi
keharusan pemerintah Yogyakarta untuk membantu
pembangunan infrastruktur yang mampu memecahkan
permasalahan tersebut, salah satunya dengan pembangunan
flyover atau jalan layang di simpang Gejayan. Dengan
dibangunnya Flyover pada pesimpangan Gejayan ini diharapkan
dapat menghemat waktu tempuh pengguna jalan dengan melewati
flyover dibandingkan jalan eksisting. Oleh karena itu Penulis
bermaksud membuat Tugas Akhir mengenai Studi Kelayakan
Ekonomi Pembangunan Jalan Layang (flyover) Simpang
Gejayan, Yogyakarta.
Dalam Tugas Akhir ini akan dianalisis volume lalulintas
yang melewati jalan eksisting serta volume lalulintas rencana
yang akan melewati jalan layang (flyover) yang dibangun
nantinya dengan cara melakukan forecasting untuk
v
memperkirakan jumlah kendaraan pada tahun mendatang.
Analisis trip assignment juga dilakukan untuk mengetahui berapa
persentase jumlah kendaraan yang melewati jalan eksisting serta
flyover. Analisis kelayakan ditinjau dari segi lalu lintas dan
ekonomi. Kelayakan lalu lintas dilakukan dengan
membandingkan Derajat Kejenuhan (Dj) eksisting dan rencana.
Kelayakan ekonomi menganalisis biaya operasional kendaraan
(BOK) menggunakan metode Jasa Marga. Analisis kelayakan
flyover ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia
2014 (PKJI), serta pengumpulan data primer yang didapatkan
dari hasil survey traffic counting.
Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan,
didapatkan Dj<1 pada masing- masing arah pada tahun 2016
dimana Dj pada masing- masing arah yaitu 0,95 pada arah
Utara, 0,96 pada arah Selatan, 0,74 pada arah Timur dan 0,89
pada arah Barat. Namun pada hasil forecast berdasarkan
peningkatan jumlah kendaraan, akan terjadi kejenuhan pada
keempat ruasnya dimana Dj>1 yaitu pada tahun 2021. Derajat
kejenuhan akan menurun pada jalan eksisting setelah
beroperasinya flyover pada tahun 2018 yang disertai dengan
pelebaran dimana DJ menjadi 0,30 pada arah Timur dan 0,38
pada arah Barat. Berdasarkan hasil analisis kelayakan dari segi
ekonomi akan didapatkan nilai Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar
7,030 >1 serta Net Present Value (NPV) sebesar Rp
2.311.691.738.573 >0. Sesuai persyaratan untuk analisis
kelayakan ekonomi, rencana pembangunan flyover Gejayan ini
dapat dikatakan layak.
========================================================
Congestion is a problem that always occurs in a big city
like Yogyakarta. One of the things that cause congestion in
Yogyakarta is roads that are no longer able to accommodate the
volume of vehicles that increase every day, without increasing the
facilities. One example of crwoded area in Yogyakarta is Gejayan
intersection. The congestion in Gejayan intersection often occurs
especially on peak hour where the people go to the office in the
morning and when they go home in the evening. Because of that
problem, the government have to solved this and make the
infrastructure better. One of the solution isbuild a flyover or
overpass at the intersection. With the construction of a flyover at
Gejayan intersection, we hope can save travel time by passing the
flyover than passing the existing road. Therefore the author
intends to make the Final Feasibility Study on Development
Economics Overpass (flyover) on Gejayan Intersection,
Yogyakarta.
In this final project will be analyzed the volume of traffic
passing through the existing road and traffic volume plan that
will pass the overpass ( flyover ) after the flyover done. Analysis
trip assignment was also conducted to determine the percentage
of vehicles that passing through the existing road and flyover .
The feasibility analysis in terms of traffic and economy.
Feasibility traffic is done by comparing the degree of saturation
( Dj ) existing and planned . The economic feasibility of vehicle
vii
operating cost (BOK )analysisby using the method of Jasa Marga.
This flyover feasibility analysis based on Indonesian Highway
Capacity Manual 2014 ( PKJI ) and the primary data obtained
from the traffic counting.
Based on the calculations, we get Dj < 1 in each
direction in 2016 where Dj in each direction are 0.95 on the
North direction , 0.96 in the South, the East is 0.74, and 0.89 in
the direction from West. Although on forecast results based on the
increased number of vehicles , the saturation will be increase in
all direction where Dj > 1 in 2021. the degree of saturation will
decline after the operation of the existing road flyover in 2018
where DJ is 0.30 in the East and 0.38 in the West . Based on the
analysis of economic feasibility we will get the value of Benefit
Cost Ratio ( BCR ) of 7,030 > 1 and Net Present Value ( NPV ) of
Rp 2.311.691.738.573 > 0 . Appropriate requirements to
economic feasibility analysis , the plan of Gejayan flyover can be
said to be feasible .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 624.2 Sar s |
Uncontrolled Keywords: | Flyover Gejayan Yogyakarta, analisis kelayakan ekonomi, studi kelayakan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA444 Reinforced concrete |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 09:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 09:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71399 |
Actions (login required)
View Item |