Setiawati, Windy Hari (2015) Analisis Nilai Rapor Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Menggunakan Metode Analisis Faktor Dan Klaster. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1312030070-Non Degree.pdf - Published Version Download (921kB) | Preview |
Abstract
SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penilaian
prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi-prestasi
lainnya. Dalam pengertian sekolah adalah suatu lembaga yang memang
dirancang khusus untuk pengajaran para murid di bawah pengawasan
para guru. Serta nilai raport itu sendiri merupakan salah satu
pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan
yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Pada
penelitian ini dapat dijadikan indikator-indikator variabel berdasarkan
sekolah yang dapat mempengaruhi atau tidak dipengaruhi oleh nilai
setiap mata pelajaran maupun rata-rata nilai rapor per semester. Dan
bertujuan untuk memberikan tinjauan terhadap nilai rapor mahasiswa
baru ITS untuk melakukan pengelompokan terhadap hasil observasi dari
sebuah analisis dengan menggunakan metode analisis faktor dan klaster.
Sehingga pada hasil analisis didapatkan kesimpulan yaitu, pada analisis
faktor diperoleh hasil 5 komponen eigen value yang menjelaskan
variabilitas dari kelima variabel sebanyak 63,66%. Sedangkan pada
analisis klaster non hirarki didapatkan kelompok klaster 1 terdiri dari 8
Jurusan di ITS, untuk kelompok klaster 2 terdiri 12 Jurusan di ITS dan
untuk kelompok klaster 3 terdiri 6 Jurusan di ITS. Dan kategori klaster
good merupakan rata-rata tertinggi pada nilai rapor mahasiswa baru pada
Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri,
Teknik Informatika, dan Sistem Informasi di ITS.
====================================================================================================
SNMPTN is national selection based on the assessment academic
performance by use of the value of raport achievement and other. It
mean that school is an institution that is designed specifically for
teaching the students under the supervision of teachers. And scores
raport itself is one of school accountability on the community about
ability that had been owned students who a collection of scores.
Research can be used as indicators based on school variables that can
affect or were not influenced by the score for each subjects report and
average score each evaluation. And to give the report of score in the
new student of ITS to conduct a grouping of observation of the analysis
by using method of factor analysis and cluster. So that in analysis
obtained conclusions contain, factor analysis result was obtained on
components 5 eigen explain variability value of the variable 63,66%.
While cluster in the analysis non a hierarchy obtained cluster group 1
consists of eight majors of ITS, cluster for 2 features 12 majors of ITS
and for the cluster for 3 consisting 6 majors in of ITS. And the category
of a cluster of good is average highest in the value of new student report
of engineering, electrical engineering, chemical engineering, industrial
engineering, the technique of informatics, and information systems of
ITS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.535 Set a |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Faktor, Analisis Klaster dan SNMPTN |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.55 Cluster analysis |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 03:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 03:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71479 |
Actions (login required)
View Item |