Analisis Nilai Rapor Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Menggunakan Metode Analisis Faktor Dan Klaster

Setiawati, Windy Hari (2015) Analisis Nilai Rapor Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Menggunakan Metode Analisis Faktor Dan Klaster. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
1312030070-Non Degree.pdf - Published Version

Download (921kB)

Abstract

SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penilaian prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi-prestasi lainnya. Dalam pengertian sekolah adalah suatu lembaga yang memang dirancang khusus untuk pengajaran para murid di bawah pengawasan para guru. Serta nilai raport itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Pada penelitian ini dapat dijadikan indikator-indikator variabel berdasarkan sekolah yang dapat mempengaruhi atau tidak dipengaruhi oleh nilai setiap mata pelajaran maupun rata-rata nilai rapor per semester. Dan bertujuan untuk memberikan tinjauan terhadap nilai rapor mahasiswa baru ITS untuk melakukan pengelompokan terhadap hasil observasi dari sebuah analisis dengan menggunakan metode analisis faktor dan klaster. Sehingga pada hasil analisis didapatkan kesimpulan yaitu, pada analisis faktor diperoleh hasil 5 komponen eigen value yang menjelaskan variabilitas dari kelima variabel sebanyak 63,66%. Sedangkan pada analisis klaster non hirarki didapatkan kelompok klaster 1 terdiri dari 8 Jurusan di ITS, untuk kelompok klaster 2 terdiri 12 Jurusan di ITS dan untuk kelompok klaster 3 terdiri 6 Jurusan di ITS. Dan kategori klaster good merupakan rata-rata tertinggi pada nilai rapor mahasiswa baru pada Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi di ITS. ==================================================================================================== SNMPTN is national selection based on the assessment academic performance by use of the value of raport achievement and other. It mean that school is an institution that is designed specifically for teaching the students under the supervision of teachers. And scores raport itself is one of school accountability on the community about ability that had been owned students who a collection of scores. Research can be used as indicators based on school variables that can affect or were not influenced by the score for each subjects report and average score each evaluation. And to give the report of score in the new student of ITS to conduct a grouping of observation of the analysis by using method of factor analysis and cluster. So that in analysis obtained conclusions contain, factor analysis result was obtained on components 5 eigen explain variability value of the variable 63,66%. While cluster in the analysis non a hierarchy obtained cluster group 1 consists of eight majors of ITS, cluster for 2 features 12 majors of ITS and for the cluster for 3 consisting 6 majors in of ITS. And the category of a cluster of good is average highest in the value of new student report of engineering, electrical engineering, chemical engineering, industrial engineering, the technique of informatics, and information systems of ITS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 Set a
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Analisis Klaster dan SNMPTN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.55 Cluster analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:45
Last Modified: 29 Oct 2019 03:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71479

Actions (login required)

View Item View Item