Estimasi Jejak Karbon Kapal Perikanan Berdasarkan Moda Operasi -Study Case di Perairan Sorong

Wardhana, Ede Mehta (2016) Estimasi Jejak Karbon Kapal Perikanan Berdasarkan Moda Operasi -Study Case di Perairan Sorong. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4114204006-master-theses.pdf]
Preview
Text
4114204006-master-theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jejak karbon merupakan salah satu isu terkini yang cukup diperhatikan dalam
dunia kelautan dan perikanan di Indonesia. Dengan bertumbuh pesatnya jumlah
kapal yang beroperasi isu lingkungan juga berkembang karena menyangkut
kepentingan hidup. Dalam kasus ini, isu tersebut akan diteliti dengan melakukan
analisa terhadap jejak karbon yang terdapat pada kapal perikanan di perairan
Sorong. Penelitian ini akan dianalisa menggunakan perhitungan matematis
berdasar literatur untuk mendapatkan nilai faktor emisi beserta perhitungan emisi
jejak karbon yang terdapat di lokasi penelitian tersebut. Perhitungan tersebut akan
menggunakan logika dasar dimana nilai emisi merupakan perkalian dari faktor
emisi dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang digunakan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui moda operasi kapal perikanan
untuk dapat menkalkulasi jumlah emisi, mendapatkan estimasi emisi gas buang
kapal perikanan, mengelompokkan tiap-tiap kapal perikanan dalam kelompok
tertentu untuk memudahkan penelitian serta mendapatkan nilai konstanta untuk
tiap bahan bakar yang digunakan kapal perikanan pada kawasan tersebut. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima mode operasi kapal
perikanan. Selain hal tersebut terdapat perbedaan persentase margin antara metode
penelitian yang digunakan dengan penelitian lainnya, hal ini dikarenakan adanya
perbedaan akan asumsi yang digunakan dengan kondisi di lapangan. Meski
demikian keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penangkapan
ikan pada kapal pole and line merupakan proses penangkapan yang cukup ramah
lingkungan kontribusi emisi yang dihasilkan kapal pole and line berada di daerah
yang terendah
==========================================================
Carbon Footprint is one of the newest issues that people are concerned about
especially on marine business in Indonesia. The ships are growing bigger in terms
of number and it makes the environment issue become important because it
concerning the peoples life and well being. In this experiment, those issue will be
analyzed with carbon footprint on fishing ships in Sorong as one of the major
issues. This experiment will be analyzed using matematical analysis based on
literature that used in order to get the emission factor and also to calculate the
carbon footprint emission on site. Those calculation will be used as basic logic
calculation using the emission factor multiply fuel consumption. The purpose of
this experiment is to understanding the mode of the operation of the fishing ships
in order to calculate the emissions. Other than that, this experiment purpose is to
get estimation of the amount of exhaust gas from fishing ships emission. Result
from this research is shown that there are 5 operation mode from fishing vessel
that occured during the fishing operation. Other than those, there are a difference
of percentage margin between this research and other similar research, this is
occured because there are a different assumptions that made between other
research and real operating condition that happened in this experiment. The final
result from this research is shows that the fishing operation using pole and line
fishing vessel is one of the most green activities compared other catching
operation using different ships mode (such as Trawl and/or Purse Seine) where the
emission contribution from pole and line is on the lowest value in the emission
production

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.828 2 War e
Uncontrolled Keywords: Jejak karbon, Moda operasi kapal perikanan, Faktor emisi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:36
Last Modified: 30 Oct 2019 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71495

Actions (login required)

View Item View Item