Desain Dan Implementasi Algoritma Penghilangan Objek Dan Pengisian Wilayah Menggunakan Teknik Exemplar-Based Inpainting

Darmawan, Arief Budi (2005) Desain Dan Implementasi Algoritma Penghilangan Objek Dan Pengisian Wilayah Menggunakan Teknik Exemplar-Based Inpainting. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5101100048-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5101100048-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Menghilangkan suatu objek yang relatifbesar dari sebuah citra digital, dan
mengisi "lubang" yang ditinggalkannya dengan menggunakan informasi yang
diekstrak dari piksel sekitarnya, telah menjadi perhatian tersendiri, khususnya bagi
para ahli yang bergerak dibidang restorasi citra.
Sampai saat ini, telah dikenal dua pendekatan utama, untuk melakukan
proses restorasi citra. Yang pertama adalah menggunakan teknik teksur sintesa,
dan yang kedua adalah menggunakan teknik inpainting.
Tesktur sintesa telah banyak dikenal orang salah satu cara yang handal
dalam melakukan proses restorasi citra, tidak hanya karena memiliki kemampuan
untuk menjaga pola tekstur pada citra yang baru, tetapi juga tidak menghasilkan
efek kabur pada citra hasil sintesa. Hanya saja teknik ini memiliki kelemahan pada
ketidakmampuannya untuk menjaga pola tekstur linier atau tesktur komposit.
Sedangkan teknik inpainting, dengan menggunakan difusi wama, dapat
melakukan propagasi yang tepat pada tekstur linier. Tetapi dalam teknik ini juga
memiliki kelemahan yaitu akan menghasilkan efek kabur pada wilayah target
yang berukuran relatifbesar.
Tugas akhir ini dibuat oleh penulis, untuk mengimplementasikan sebuah
algoritma yang telah dikembangkan oleh A.Criminisi yang menggabungkan
kedua teknik diatas menjadi sebuah teknik restorasi citra yang sederhana dan low
cost karena menerapkan restorasi berdasarkan patch. Algoritma ini dikenal
dengan nama Exemplar-Based Image Inpainting.
Dalam tugas akhir ini juga akan dilakukan ujicoba untuk menghilangkan
objek tertentu dalam beberapa data citra, dengan ukuran patch yang beragam,
untuk mengetahui pengaruh besar ukuran patch terhadap kualitas citra keluaran
perangkat lunak.
Dari hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa: (i) ukuran urn urn patch yang
optimal adalah antar 7x7 piksel sampai llxll piksel. (ii) semakin besar ukuran
patch tidak menjamin hasil akhir yang semakin baik. (iii) urutan pengisian patch,
memegang peranan penting untuk menghasilkan citra keluaran yang tampak
alami. (iv) untuk citra asli dengan tekstur komposit, hasil akhir yang dicapai akan
tampak lebih alami. (v) waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian
wilayah dengan algoritma exemplar-based inpainting, jauh lebih cepat daripada
algoritma inpainting konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Dar d
Uncontrolled Keywords: Sintesa tekstur, image inpainting, exemplar-based inpainting.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:30
Last Modified: 30 Oct 2019 08:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71519

Actions (login required)

View Item View Item