Analisis Teknis Dan Ekonomis Perencanaan Prototipe Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Pelabuhan Sintete Pemangkat Pontianak

Machrus, Saiful (2003) Analisis Teknis Dan Ekonomis Perencanaan Prototipe Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Pelabuhan Sintete Pemangkat Pontianak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4195100026-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sungai Kapuas yang merupakan pintu masuk ke Pelabuhan Pontianak sejauh 15 millaut dari muara menuju pelabuhannya mempunyai kedalaman ± 5 meter. Karena adanya pendangkalan yang diakibatkan oleh pengendapan lumpur halus dan pasir, terutama di daerah muara sungai, menyebabkan sarat air menjadi berkurang. Akibatnya proses keluar masuknya kapal dari dan menuju pelabuhan menjadi terganggu. Oleh karena itu proses pengerukan hams rutin dilaksanakan 1 tahun sekali, untuk menjaga kedalaman sarat air tetap. Untuk memenuhi keinginan tersebut, maka perlu sekali dipikirkan adanya suatu kapal keruk yang sesuai dengan kondisi geografis daerah tersebut, jenis material yang akan dikeruk yaitu lumpur halus. Kapal keruk jenis ·Suction dredger dengan dibantu dua bak lumpur, dipilih karena dianggap sesuai dengan jenis material keruk dan mempunyai keunggulan proses produksinya yang lebih cepat. Selain itu perhitungan ekonomis diperlukan untuk menilai kelayakan investasi. Metode yang dipakai adalah Net Present Value (NPV). Dari hasil analisa diperoleh hasil bahwa dengan menyewakan kapal keruk ke pihak lain akan mempercepat kembalinya investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812.8 Mac a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:49
Last Modified: 04 Nov 2019 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71565

Actions (login required)

View Item View Item