Analisa Teknis Dan Ekonomis Kapal Penangkap Ikan Jenis Gill Netter Yang Berlabuh Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Cilacap

Anhar, Aminuddin (2001) Analisa Teknis Dan Ekonomis Kapal Penangkap Ikan Jenis Gill Netter Yang Berlabuh Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Cilacap. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4194100025-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah laut yang begitu luas di mana terdapat banyak potensi sumber daya alam. Potensi perikanan di kawasan laut di wilayah Indonesia sampai dengan ZEE merupakan satu di antara banyak potensi tersebut. Sayangnya potensi ini belum dapat dieksploitasi secara maksimal disebabkan keterbatasan SDM, teknologi, dan peralatan. Salah satu kendala dari segi peralatan adalah kurang tersedianya kapal penangkap ikan yang mampu beroperasi sampai dengan ZEE. Sehingga kapasitas hasil tangkapan ikan masih kurang di banding potensi yang ada. Karena itu diperlukan suatu cara untuk meningkatkan sarana tersebut berupa rancangan kapal penangkap ikan yang mampu beroperasi dari daerah luar perairan lokal sampai dengan daerah ZEE dan mempunyai harga investasi yang murah, di mana rancangan kapal ini mampu diproduksi oleh pengrajin kapal tradisional. Rancangan kapal ini diharapkan bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam pembuatan kapal penangkap ikan dan hasilnya dapat digunakan untuk mengeksploitasi sumber daya perikanan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.820 3 Anh a
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:25
Last Modified: 04 Nov 2019 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71572

Actions (login required)

View Item View Item