Permainan Simulasi Bisnis Lalapan Dengan Pemodelan Finite State Machine

Apsari, Pinasthika Cintya (2016) Permainan Simulasi Bisnis Lalapan Dengan Pemodelan Finite State Machine. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112100201-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong para pengembang game membuat banyak permaian edukasi sebagai sarana belajar. Sayangnya, permainan berjenis simulasi masih kurang banyak diproduksi. Padahal dengan simulasi kita akan lebih mudah mendapatkan pembelajaran karena permainan tersebut akan dibuat mirip dengan kehidupan nyata. Maka, pada tugas akhir ini penulis ingin membuat aplikasi permainan simulasi bisnis lalapan dengan pemodelan Finite State Machine ( FSM ). Permainan simulasi ini diterapkan dengan pemodelan FSM. FSM adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan 3 komponen yaitu State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi). FSM di desain dengan sederhana, cepat dan mudah untuk di implementasikan. FSM yang optimal adalah FSM dengan sedikit jumlah state yang menampilkan fungsi sama. Pada permainan simulasi ini FSM akan digunakan sebagai diagram model bisnis. Hasil dari tugas akhir ini akan berupa sebuah permainan yang dapat berjalan di perangkat Android. Aplikasi ini dibangun dengan game engine GameMaker Studio versi 1.4.1657 dengan bahasa pemrograman GML dan SDK 21.1.2 Android. Proses pembuatan Aset permainan menggunakan aplikasi CorelDRAW X7 juga Adobe Photoshop CS5 dan pembuatan model FSM viii viii menggunakan Microsoft Visio 2010. Dengan pengujian blackbox dan juga kuesioner dapat disimpulkan aplikasi telah mengimplementaikan seluruh perancangan dengan baik juga aturan main dan skenario menang kalah dalam FSM. ======================================================== The development of technology encourage game developers to make a lot of game education as a learning tool. Unfortunately, simulation-type game still lacking a lot produced. Whereas with our simulations will be easier to get the learning because the game will be made similar to real life. So, in this thesis the author wants to make the application of “lalapan’s business” with a business simulation game modeling Finite State Machine (FSM). This simulation game applied to the modeling of FSM. FSM is a methodology of control system design that describes the behavior or the working principle of the system by using three components, namely State, Event, and Action. FSM is designed with a simple, fast and easy to implement. The optimal FSM FSM with the least amount of state that display the same functionality. In this simulation game FSM will be used as a business model diagram. The results of this final will be a game that can be run on Android devices. This application is built with the game engine GameMaker Studio version 4.1.1657 with the programming language GML and SDK 21.1.2 Android. The process of creating game assets using CorelDRAW X7 also Adobe Photoshop CS5 and FSM modeling using Microsoft Visio 2010. By blackbox testing and questionnaire it can be inferred that this application has implemented whole design properly also rules of the game and win lose scenario with FSM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.33 Aps p
Uncontrolled Keywords: Permainan simulasi, Finite State Machine, Bisnis, Lalapan, Warung tenda
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A63 Application program interfaces
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:12
Last Modified: 04 Nov 2019 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71582

Actions (login required)

View Item View Item