Nainggolan, Victor Clinton (2015) Studi Kelayakan Penggunaan Gas Engine Sebagai Main Propulsion Pada Kapal Roro Ferry di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4211100110-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan gas engine merupakan salah satu pilihan
untuk menghemat bahan bakar terutama yang berbahan bakar
LNG. Namun penggunaan gas engine ini memiliki nilai investasi
yang besar. Terutama apabila digunakan pada kapal ferry roro.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kelayakan penggunaan
Marine Gas Engine Caterpillar secara teknis dan ekonomis pada
kapal Ferry. Untuk kelayakan secara ekonomis berdasarkan
penghematan biaya bahan bakar. Untuk melakukan penelitian ini
dibutuhkan beberapa tahap yaitu penentuan jalur dan ferry yang
digunakan untuk penelitian ini. Dipilihlah kapal KMP legundi
dengan rute pelayaran Merak-Bakauheni dengan daya engine
2x3500HP. Kemudian dicari tahanan dari kapal tersebut dan
didapatkan sebesar 244.674 kN. Dan BHP minimal dari kapal
tersebut dihitung dan didapatkan sebesar 5386.31 HP. Dipilihlah
gas engine Caterpillar G3516C dengan daya mesin 1622kW dan
daya generator 1555kW sebanyak 4 buah. Kebutuhan bahan bakar
untuk diesel engine sebesar 96874.71liter/bulan. Tangki LNG dan
vaporizer menggunakan wartsila LNGPac yang sudah komponen
tersebut sudah termasuk di dalamnya semua. Electric converter
dan motor listrik menggunakan General Electric dengan tipe
MV7000 dan MV560 dengan daya motor listrik 3500HP.
Kebutuhan bahan bakar LNG untuk gas engine sebesar
3925.57mmbtu/bulan. Biaya yang dikeluarkan pertahun untuk
bahan bakar solar adalah sebesar 2,456,792.71US$/tahun dan
untuk bahan bakar LNG sebesar 600,612.67US$/tahun. Sehingga
biaya bahan bakar yang dapat dihemat adalah sebesar
1,856,180.03US$/tahun. Perhitungan NPV dan IRR untuk
menguji kelayakan investasi ini secara ekonomis. Dihasilkan nilai
NPV sebesar 7,553,368.08US$ dan IRR yang juga positif sebesar
34%. Sehingga investasi ini dianggap feasible bila hanya
berdasarkan penghematan bahan bakar dan initial cost
berdasarkan gas engine saja.
=======================================================================================================
gas engine is one option to save fuel mainly
fueled by LNG. However, the use of the gas engine has a
substantial investment value. Especially when used on roro ferry.
This study aimed to determine the feasibility of the use of Marine
Gas Engine Caterpillar technically and economically on a ferry
boat. For economic feasibility based on fuel savings cost. To
conduct this research takes several stages, determination of ferry
and shipping lines were used for this study. Selected ship KMP
Legundi that cruise Merak-Bakauheni with 2x3500HP engine
power. Then look for ship resistance and obtained amounted to
244 674 kN. And BHP minimum of the vessel is calculated and
obtained by 5386.31 HP. Caterpillar G3516C gas engine selected
by the engine power 1622kW and generator power 1555kW by 4
units. Fuel for diesel engines is calculated 96874.71liter / month.
LNG fuel for the gas engine is calculated 3925.57mmbtu / month.
LNG tank and vaporizer is using wartsila LNGPac that already
include both of them. Electric plant and electric motor is using
General Electric which type is MV7000 and MV560 that generate
3500HP. Costs incurred for diesel fuel per year amounted
2,456,792.71US$/year and for LNG fuel 600,612.67US$/year. So
the cost of fuel can be saved is by 1,856,180.03US$/year. NPV
and IRR calculations are to test the feasibility of this investment
economically. Resulting NPV of 7,553,368.08US$ and IRR were
also negative at 34%. So this investment is considered to be
feasible if it is only based on fuel savings and initial cost which is
gas engines price.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.873 Nai s |
Uncontrolled Keywords: | Ferry Roro di Indonesia, Gas Engine, LNG, Caterpillar, Penghematan Biaya Bahan Bakar, Investasi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ778 Gas turbines V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 07:57 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 07:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71584 |
Actions (login required)
View Item |