Studi Kelayakan Penggunaan Gas Engine Sebagai Main Propulsion Pada Kapal Roro Ferry di Indonesia

Nainggolan, Victor Clinton (2015) Studi Kelayakan Penggunaan Gas Engine Sebagai Main Propulsion Pada Kapal Roro Ferry di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4211100110-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan gas engine merupakan salah satu pilihan untuk menghemat bahan bakar terutama yang berbahan bakar LNG. Namun penggunaan gas engine ini memiliki nilai investasi yang besar. Terutama apabila digunakan pada kapal ferry roro. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kelayakan penggunaan Marine Gas Engine Caterpillar secara teknis dan ekonomis pada kapal Ferry. Untuk kelayakan secara ekonomis berdasarkan penghematan biaya bahan bakar. Untuk melakukan penelitian ini dibutuhkan beberapa tahap yaitu penentuan jalur dan ferry yang digunakan untuk penelitian ini. Dipilihlah kapal KMP legundi dengan rute pelayaran Merak-Bakauheni dengan daya engine 2x3500HP. Kemudian dicari tahanan dari kapal tersebut dan didapatkan sebesar 244.674 kN. Dan BHP minimal dari kapal tersebut dihitung dan didapatkan sebesar 5386.31 HP. Dipilihlah gas engine Caterpillar G3516C dengan daya mesin 1622kW dan daya generator 1555kW sebanyak 4 buah. Kebutuhan bahan bakar untuk diesel engine sebesar 96874.71liter/bulan. Tangki LNG dan vaporizer menggunakan wartsila LNGPac yang sudah komponen tersebut sudah termasuk di dalamnya semua. Electric converter dan motor listrik menggunakan General Electric dengan tipe MV7000 dan MV560 dengan daya motor listrik 3500HP. Kebutuhan bahan bakar LNG untuk gas engine sebesar 3925.57mmbtu/bulan. Biaya yang dikeluarkan pertahun untuk bahan bakar solar adalah sebesar 2,456,792.71US$/tahun dan untuk bahan bakar LNG sebesar 600,612.67US$/tahun. Sehingga biaya bahan bakar yang dapat dihemat adalah sebesar 1,856,180.03US$/tahun. Perhitungan NPV dan IRR untuk menguji kelayakan investasi ini secara ekonomis. Dihasilkan nilai NPV sebesar 7,553,368.08US$ dan IRR yang juga positif sebesar 34%. Sehingga investasi ini dianggap feasible bila hanya berdasarkan penghematan bahan bakar dan initial cost berdasarkan gas engine saja. ======================================================================================================= gas engine is one option to save fuel mainly fueled by LNG. However, the use of the gas engine has a substantial investment value. Especially when used on roro ferry. This study aimed to determine the feasibility of the use of Marine Gas Engine Caterpillar technically and economically on a ferry boat. For economic feasibility based on fuel savings cost. To conduct this research takes several stages, determination of ferry and shipping lines were used for this study. Selected ship KMP Legundi that cruise Merak-Bakauheni with 2x3500HP engine power. Then look for ship resistance and obtained amounted to 244 674 kN. And BHP minimum of the vessel is calculated and obtained by 5386.31 HP. Caterpillar G3516C gas engine selected by the engine power 1622kW and generator power 1555kW by 4 units. Fuel for diesel engines is calculated 96874.71liter / month. LNG fuel for the gas engine is calculated 3925.57mmbtu / month. LNG tank and vaporizer is using wartsila LNGPac that already include both of them. Electric plant and electric motor is using General Electric which type is MV7000 and MV560 that generate 3500HP. Costs incurred for diesel fuel per year amounted 2,456,792.71US$/year and for LNG fuel 600,612.67US$/year. So the cost of fuel can be saved is by 1,856,180.03US$/year. NPV and IRR calculations are to test the feasibility of this investment economically. Resulting NPV of 7,553,368.08US$ and IRR were also negative at 34%. So this investment is considered to be feasible if it is only based on fuel savings and initial cost which is gas engines price.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.873 Nai s
Uncontrolled Keywords: Ferry Roro di Indonesia, Gas Engine, LNG, Caterpillar, Penghematan Biaya Bahan Bakar, Investasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ778 Gas turbines
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:57
Last Modified: 04 Nov 2019 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71584

Actions (login required)

View Item View Item