Indraswari, Ratih Ayu (2016) Rancang Bangun Aplikasi Perangkat Bergerak Periklanan Berbasis Lokasi Dengan Indoor Localization Untuk Sarana Promosi Pada Pusat Perbelanjaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5112100122-undergraduate-theses.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Periklanan atau advertising sangat erat hubungannya dengan
bisnis atau usaha. Disisi lain, sebagai konsumen tentu sangat
membutuhkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa agar
kebutuhan dapat terpenuhi dengan efektif. Teknologi khususnya
teknologi perangkat bergerak berkembang cukup pesat. Perangkat
bergerak sudah semakin menyatu dengan kehidupan personal
manusia, sehingga secara langsung maupun tidak langsung
perangkat bergerak yang dibawa oleh seseorang dapat menjadi
sebuah pemancar yang memberikan informasi keberadaan
mereka. Oleh sebab itu, dikembangkan sebuah sistem advertising
yang dapat memberikan informasi promosi, iklan, dan lain-lain
secara langsung kepada konsumen sesuai dengan lokasi saat itu.
Tujuan dikembangkannya sistem ini adalah untuk memberikan
solusi advertising yang tepat sasaran dan memudahkan konsumen
untuk mengetahui informasi mengenai promosi yang ada di
sekitarnya.
Pada tugas akhir ini sistem dibuat agar konsumen (dalam hal
ini pengunjung pusat perbelanjaan) dapat mengetahui promosi
yang sedang berlaku pada booth yang sedang mereka kunjungi.
Hal ini memanfaatkan proses pendeteksian lokasi, sistem didukung
oleh konsep Indoor Localization yang memungkinkan untuk
x
menentukkan lokasi pengguna yang berada didalam ruangan atau
gedung.
Pada pengimplementasian konsep Indoor Localization,
dilakukan dengan mengklasifikasikan data sinyal yang didapat
pada waktu tertentu. Klasifikasi dilakukan menggunakan metode
Support Vector Machine setelah melakukan pengumpulan data
sampling. Pengumpulan data sampling dilakukan terhadap
kekuatan sinyal dan Basic Service Set Identifier (BSSID) yang
ditangkap oleh smartphone pada beberapa booth yang ada di East
Coast Center. Dari data-data tersebut dilakukan training dan
prediksi untuk menentukan lokasi.
Uji coba dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap
fungsionalitasnya melalui skenario yang mencerminkan fitur-fitur
pada aplikasi. Selain itu, pada implementasi Indoor Localization
uji coba dilakukan dengan mendeteksi lokasi pada beberapa booth
untuk mendapatkan tingkat akurasi hasil deteksi lokasi dengan
persentase benar sebesar 73%.
===========================================================
Advertising is highly correlated with businesses. In customer’s
point of view, they require information of a product or service in
order to satisfy their needs effectively. The growth of technology,
mobile device specifically, is shifting rapidly. Mobil device became
integrated even more with human’s personal life. Therefore,
mobile device which is brought by people could actually become a
transmitter of their location either directly or indirectly. Given
these points, an advertising system that is able to directly provide
information such as promotion and advertising based on
customer’s location at that time is developed. The purpose of the
system development is to accommodate accurate advertising
solution and also to simplify customer in discovering information
of promotion nearby. In this research, systems are made in order
that customer, which is the shopping center visitor, will be able to
have information on promotions that is available at a certain booth
that they stop by. It takes advantage of location detection process;
the system is supported by Indoor Localization concept which
allows determining user’s location inside a room or building.
On the implementation of Indoor Localization concept, it is
performed by classifying the signal data that is obtained at a
certain time. Classification is done by using Support Vector
Machine and Binary Tree methods after collecting the data
xii
sampling. The collection of data sampling is done towards the
strength of signal and Basic Service Set Identifier (BSSID) that
captured by smartphone on several booths at East Coast Center.
Training and prediction to determine location are performed by
those data.
Pilot testing is accomplished by examining the functionality
through scenarios that reflect the features of the application. In
addition, on the Indoor Localization implementation, the pilot
testing is completed by detecting the location on several booths to
achieve the degree of accuracy as a result from location detection
with 73% of correct prediction percentage.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSIf 621.384 56 Ind p |
Uncontrolled Keywords: | Location Based Advertising, Indoor Localization, Support Vector Machine, WiFi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 05:33 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 05:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71601 |
Actions (login required)
View Item |