Rancang Bangun Aplikasi Perangkat Bergerak Periklanan Berbasis Lokasi Dengan Indoor Localization Untuk Sarana Promosi Pada Pusat Perbelanjaan

Indraswari, Ratih Ayu (2016) Rancang Bangun Aplikasi Perangkat Bergerak Periklanan Berbasis Lokasi Dengan Indoor Localization Untuk Sarana Promosi Pada Pusat Perbelanjaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5112100122-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Periklanan atau advertising sangat erat hubungannya dengan bisnis atau usaha. Disisi lain, sebagai konsumen tentu sangat membutuhkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan efektif. Teknologi khususnya teknologi perangkat bergerak berkembang cukup pesat. Perangkat bergerak sudah semakin menyatu dengan kehidupan personal manusia, sehingga secara langsung maupun tidak langsung perangkat bergerak yang dibawa oleh seseorang dapat menjadi sebuah pemancar yang memberikan informasi keberadaan mereka. Oleh sebab itu, dikembangkan sebuah sistem advertising yang dapat memberikan informasi promosi, iklan, dan lain-lain secara langsung kepada konsumen sesuai dengan lokasi saat itu. Tujuan dikembangkannya sistem ini adalah untuk memberikan solusi advertising yang tepat sasaran dan memudahkan konsumen untuk mengetahui informasi mengenai promosi yang ada di sekitarnya. Pada tugas akhir ini sistem dibuat agar konsumen (dalam hal ini pengunjung pusat perbelanjaan) dapat mengetahui promosi yang sedang berlaku pada booth yang sedang mereka kunjungi. Hal ini memanfaatkan proses pendeteksian lokasi, sistem didukung oleh konsep Indoor Localization yang memungkinkan untuk x menentukkan lokasi pengguna yang berada didalam ruangan atau gedung. Pada pengimplementasian konsep Indoor Localization, dilakukan dengan mengklasifikasikan data sinyal yang didapat pada waktu tertentu. Klasifikasi dilakukan menggunakan metode Support Vector Machine setelah melakukan pengumpulan data sampling. Pengumpulan data sampling dilakukan terhadap kekuatan sinyal dan Basic Service Set Identifier (BSSID) yang ditangkap oleh smartphone pada beberapa booth yang ada di East Coast Center. Dari data-data tersebut dilakukan training dan prediksi untuk menentukan lokasi. Uji coba dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap fungsionalitasnya melalui skenario yang mencerminkan fitur-fitur pada aplikasi. Selain itu, pada implementasi Indoor Localization uji coba dilakukan dengan mendeteksi lokasi pada beberapa booth untuk mendapatkan tingkat akurasi hasil deteksi lokasi dengan persentase benar sebesar 73%. =========================================================== Advertising is highly correlated with businesses. In customer’s point of view, they require information of a product or service in order to satisfy their needs effectively. The growth of technology, mobile device specifically, is shifting rapidly. Mobil device became integrated even more with human’s personal life. Therefore, mobile device which is brought by people could actually become a transmitter of their location either directly or indirectly. Given these points, an advertising system that is able to directly provide information such as promotion and advertising based on customer’s location at that time is developed. The purpose of the system development is to accommodate accurate advertising solution and also to simplify customer in discovering information of promotion nearby. In this research, systems are made in order that customer, which is the shopping center visitor, will be able to have information on promotions that is available at a certain booth that they stop by. It takes advantage of location detection process; the system is supported by Indoor Localization concept which allows determining user’s location inside a room or building. On the implementation of Indoor Localization concept, it is performed by classifying the signal data that is obtained at a certain time. Classification is done by using Support Vector Machine and Binary Tree methods after collecting the data xii sampling. The collection of data sampling is done towards the strength of signal and Basic Service Set Identifier (BSSID) that captured by smartphone on several booths at East Coast Center. Training and prediction to determine location are performed by those data. Pilot testing is accomplished by examining the functionality through scenarios that reflect the features of the application. In addition, on the Indoor Localization implementation, the pilot testing is completed by detecting the location on several booths to achieve the degree of accuracy as a result from location detection with 73% of correct prediction percentage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 621.384 56 Ind p
Uncontrolled Keywords: Location Based Advertising, Indoor Localization, Support Vector Machine, WiFi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Nov 2019 05:33
Last Modified: 05 Nov 2019 05:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71601

Actions (login required)

View Item View Item