Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengenalan Pencahayaan Invarian Dari Obyek Tiga Dimensi Menggunakan Warna Invarian Lokal

Darmawan, Andri (2000) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengenalan Pencahayaan Invarian Dari Obyek Tiga Dimensi Menggunakan Warna Invarian Lokal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2693100046-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Wama sebuah obyek yang ditangkap oleh mata manusia merupakan wama pantul permukaan obyek terhadap pencahayaan yang mengenainya bukan wama permukaan asli obyek tersebut. Sehingga sebuah obyek yang telah dikenai oleh pencahayaan yang berubah-ubah, akan tetap dikenali sebagai obyek yang sama. Untuk mengenali sebuah obyek berdasarkan pencahayaan yang mengenainya, dalam tug as akhir ini digunakan metode color constant color indexing. Metode ini terbagi atas beberapa tahap, yakni memisahkan wama obyek dengan pencahayaan yang mengenainya, memisahkan wama obyek dengan wama latar belakangnya dan membuat histogram rasio wamanya. Sehingga dalam proses pengenalan sebuah obyek terhadap obyek lainnya, dilakukan proses irisan histogram rasio wama keduanya untuk memperoleh tingkat akurasi kesamaan kedua obyek tersebut. Dari beberapa hasil uji coba perangkat lunak yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan pengenalan sebuah obyek tidak dipengaruhi oleh pencahayaan yang mengenainya, sepanjang pencahayaan tersebut tidak ter1alu terang ataupun terlalu gelap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Dar p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Nov 2019 08:46
Last Modified: 05 Nov 2019 08:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71611

Actions (login required)

View Item View Item