Analisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Real Estate Investment Trust (REIT) Untuk Pembiayaan Properti Di Surabaya

Christianto, Steven (2014) Analisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Real Estate Investment Trust (REIT) Untuk Pembiayaan Properti Di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3112203009-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan industri proyek konstruksi memiliki kaitan yang erat dengan pertumbuhan industri properti dan strategi finansial yang baik akan menjadi dasar bagi pertumbuhan ini. Di tengah banyaknya pembangunan dan investasi pada sektor real estate di Surabaya, ternyata ada dampak yang negatif yang timbul, yaitu cepatnya kenaikan harga jual properti dan ini merupakan salah satu indikasi terjadinya kondisi bubble price. Secara umum, kondisi semacam ini biasa diatasi dengan cara mengurangi tingkat hutang investasi. Real Estate Investment Trust (REIT) adalah bisnis kepercayaan yang menggabungkan modal dari beberapa investor untuk memperoleh (atau memberikan pendanaan untuk) berbagai aset real estate dari para pengembang (developer). Dengan prinsip dan karakteristik yang dimiliki oleh REIT, masalah yang terjadi di Surabaya seharusnya dapat terselesaikan karena REIT merupakan salah satu strategi pembiayaan yang akan dapat mengurangi tingkat hutang di dalam pembangunan sehingga harga jual properti tidak terlalu tinggi. Saat ini, di Surabaya belum banyak ditemukan penelitian yang berkaitan dengan REIT sehingga penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian eksploratif. Penelitian ini menggunakan model statistik satu variabel dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Analisa persepsi responden dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata dan standar deviasi, serta menggunakan analisis faktor untuk mengidentifikasi adanya hubungan antar variabel yang kemudian dibuat suatu kelompok faktor. Data persepsi responden diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuisioner. Dari penelitian ini dihasilkan 3 kelompok faktor yang dapat mempengaruhi pembiayaan properti di Surabaya, yaitu faktor perolehan keuntungan, faktor pengambilan keputusan oleh manajerial perusahaan, dan faktor pengaruh peraturan pemerintah pada kebijakan perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 332.632 47 Chr a
Uncontrolled Keywords: investasi real estate, real estate investment trust, pembiayaan properti
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4910 Investments
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:51
Last Modified: 07 Nov 2019 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71631

Actions (login required)

View Item View Item