Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan E – Learning Pada Perspektif Dosen (Studi Kasus : Share Its)

Wicaksono, Indra (2016) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan E – Learning Pada Perspektif Dosen (Studi Kasus : Share Its). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5212100156-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

E-learning merupakan sebuah program pembelajaran yang berbasiskan pada internet. E-learning telah diterapkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya sejak tahun 2006 yang bernama Share ITS. Share ITS dikelola oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI). Walaupun telah diterapkan di ITS masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi, salah satunya yaitu kurangnya niat dosen sebagai pengguna untuk menggunakan Share ITS secara bekerlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat dosen untuk menggunakan Share ITS secara berkelanjutan dengan menggunakan beberapa model yaitu expectation–confirmation model (ECM), technology acceptance model (TAM), theory of planned behavior (TPB), dan flow theory. Variabel yang digunakan pada terdiri dari 10 variabel, yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, perceived enjoyment, concentration, subjective norm, perceived behavioral control, confirmation, satisfaction, dan continuance intention. vi ii Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi niat dosen untuk menggunakan Share ITS secara bekerlanjutan dan rekomendasi untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut. Faktor satisfaction atau kepuasan dosen pada Share ITS dan perceived usefulness atau persepsi kebermanfaatan dosen pada Share ITS berpengaruh positif dan signifikan terhadap continued intention atau niat keberlanjutan penggunaan. Faktor percevied ease of use atau persepsi kemudahan menggunakan dosen pada Share ITS berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness atau persepsi kebermanfaatan dosen pada Share ITS. Ketiga faktor tersebut merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan karena memiliki pengaruh terhadap niat keberlanjutan penggunaan Share ITS oleh dosen. Selain itu diketahui bahwa faktor percevied enjoyment atau persepsi menikmati menggunakan Share ITS oleh dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude atau sikap dosen pada Share ITS. ============================================================ E-learning is a learning program based on the Internet. Elearning has been implemented by the Institute of Technology Surabaya since 2006 named Share ITS. Share ITS managed by the Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI). Although it has been applied in ITS there are still some problems that occurred, one of the problem is lecturer continuance intention on Share ITS. This study aims to determine the factors that influence the lecturers continuance intention to use the Share ITS by using several models that are expectation-confirmation model (ECM), technology acceptance model (TAM), theory of planned behavior (TPB), and flow theory. The variabels on the models are perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, perceived enjoyment, concentration, subjective norm, perceived behavioral control, confirmation, satisfaction, and continuance intention. The results of this study are the factors that influence the lecturer continuance intention to use Share ITS and recommendations to improve those factors. Satisfaction and x perceived usefulness has positive and significant impact on the continuence intentions. Percevied ease of use has positive and significant impact on the perceived usefulness. Those factor are important factors to consider because it has an influence on the lecturer continuance intenion on ITS Share. Also that the percevied enjoyment o has positive and significant impact on the attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.43 Wic a
Uncontrolled Keywords: E-learning, Share ITS, User Continueance Intention, ECM, TAM, TPB, Flow
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:04
Last Modified: 07 Nov 2019 06:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71636

Actions (login required)

View Item View Item