Analisis Manajemen Kredit Di Industri Real Estate Terhadap Penurunan Terjadinya Kredit Macet (Studi Pada Bank "ABC" Di Surabaya)

Permita, Dherry (2013) Analisis Manajemen Kredit Di Industri Real Estate Terhadap Penurunan Terjadinya Kredit Macet (Studi Pada Bank "ABC" Di Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9107202301-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview

Abstract

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank ABC merupakan fasilitas pinjaman bagi Nasabah perorangan/individual untuk pembelian rumah toko/ruko dan rumah kantor/rukan – tanah kavling dan apartemen hingga real estate. Real estate adalah bangunan, dimana tanah tempat dibangun merupakan lahan kosong. Bangunan ini digunakan baik oleh perusahaan, pemerintah, organisasi non-profit, dan lain sebagainya sebagai tempat kerja atau rumah tangga sebagai tempat tinggal. Kredit bermasalah (macet) merupakan kondisi yang sangat ditakuti oleh setiap pegawai bank, karena dengan adanya kredit macet tersebut akan menyebabkan menurunnya pendapatan bank, yang selanjutnya kemungkinan terjadinya penurunan laba. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen kredit pemilikan rumah di industri real estate pada Bank “ABC”, serta mendeskripsikan upaya upaya yang diterapkan oleh Bank “ABC” untuk menurunkan terjadinya kredit macet melalui manajemen kredit yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis menggunakan 3 tahapan: mendeskripsikan manajemen kredit pemilikan rumah di industri real estate, menganalisis manajemen kredit yang diterapkan Bank “ABC”, menganalisis upaya yang dilakukan manajemen kredit pemilikan rumah di industri real estate dalam menurunkan terjadinya kredit bemasalah dari melihat kolektibility kredit Bank “ABC”. Hasil analisis yang diperoleh data bahwa manajemen yang digunakan Bank ABC dalam mengelola kreditnya adalah manajemen kredit diantaranya yaitu perencanaan kredit, pengorganisasian, pelaksanaan kredit dan pengamanan kredit. Upaya manajemen kredit yang digunakan Bank ABC adalah memacu kredit pemilikan real estate yang disalurkan ke nasabah, penggunaan daftar analisis umur piutang, melakukan peringatan I, II, III, melaksanakan penagihan langsung dan mengadakan seleksi pada nasabah dengan penilaian analisis 5C. Dilihat dari kolektibility pada tahun 2009-2011 mengalami penurunan yaitu pada tahun 2009 sebesar 24,40%, mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 13,80% dan pada tahun 2011 menjadi turun sebesar 8,37%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 332.7 Per a
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kredit, Penurunan, Kredit Bermasalah (macet)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:45
Last Modified: 07 Nov 2019 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71641

Actions (login required)

View Item View Item