Pamungkas, Ahmad Fraidee (2015) Penentuan headway armada Transjakarta koridor 6 dengan simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2511100064-Undergraduate-Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Transportasi merupakan hal penting yang menunjang berbagai aspek,
seperti ekonomi, interaksi antar wilayah, dan mobilitas penduduk. Bus Rapid
Trasnit (BRT) merupakan salah satu sistem transportasi yang banyak digunakan di
kota-kota besar di dunia, termasuk di Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI)
Jakarta. Transjakarta merupakan sistem BRT yang diaplikasikan oleh Pemerintah
Provinsi DKI Jakarta. Permasalahan yang dihadapi Unit Pengelola Transjakarta
(UPT) Busway selaku pengelola Transjakarta salah satunya adalah penentuan
headway atau waktu antar keberangkatan armada bus. Hal ini menimbulkan kinerja
Transjakarta pada aspek kepadatan penumpang di bus, kepadatan penumpang di
halte, dan waktu tunggu penumpang menjadi buruk. Simulasi merupakan suatu
metode umum yang luas digunakan untuk melakukan analisis terhadap suatu sistem
yang kompleks. Simulasi bekerja dengan meniru perilaku sebuah sistem. Pada
penelitian ini, simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Arena.
Koridor yang menjadi objek penelitian adalah koridor 6 yang melayani rute
Ragunan-Dukuh Atas. Penentuan headway baru dilakukan dengan melakukan
simulasi pada kondisi eksisting, kemudian dilakukan perubahan nilai headway
sesuai kebutuhan. Nilai headway yang sesuai dengan kebutuhan akan menimbulkan
waktu tunggu penumpang yang lebih rendah dan armada bus dapat beroperasi
secara lebih efisien.
================================================================================================
Transportation is one important thing that support various aspect, such as
economics, interaction between regions, and people’s mobility. Bus Rapid Transit
(BRT) is one transportation system which applied in some big city in the world, one
of them is the capital city of Indonesia, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.
Transjakarta is a BRT system applied by the government of DKI Jakarta. Unit
Pengelola Transjakarta (UPT) Busway has a problem with headway determination
to operate Transjakarta. This condition leads to poor performance in passenger
density inside the bus, passenger density in the stations, and passenger’s waiting
time. Simulation is one common methods that widely used to conduct analysis on
a complex system. Simulation works by imitating behavior of a system. In this
research, simulation is done using Arena software. This research focus on
Transjakarta’s corridor 6 system which serves Ragunan-Dukuh Atas route.
Determination of new headway done by simulating existing condition, the headway
value then changed as necessary. A good headway value will decrease passenger’s
waiting time and the bus fleet will be operated more efficiently.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSI 388.413 12 Pam p |
Uncontrolled Keywords: | Bus Rapid Transit, Headway, Simulasi, Transportasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:23 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 11:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71734 |
Actions (login required)
View Item |