Perancangan, Pembuatan Dan Penerapan Aplikasi Perencanaan Silabus Dan Sistem Penilaian Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Untuk Sekolah Menengah Dengan Plaform Microsoft.NET

Rizal, Fahrul (2005) Perancangan, Pembuatan Dan Penerapan Aplikasi Perencanaan Silabus Dan Sistem Penilaian Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 Untuk Sekolah Menengah Dengan Plaform Microsoft.NET. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5198100040-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia mulai tahun ajaran 200412005 ini diganti dengan kurikulum 2004, atau yang lebih dikenal dengan sebutan kurikulum berbasis kompetensi. Secara umum kurikulum 2004 ini lebih kompleks dari kurikulum 1994, terutama di dalam hal penilaian dan kegiatan be/ajar mengajar. Penilaian untuk kurikulum 2004 ini ada 3 aspek yang dinilai, yaitu pengetahuan dan pemahaman konsep (kognitif), praktik(psikomotor), dan sikap(afektif). Sistem penilaian dari kurikulum ini bersifat hirarkis mulai dari mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator. Dari indikato inilah bisa dilihat pencapaian kompetensi siswa. Metodologi yang dilakukan untuk perancangan dan pembuatan aplikasi ini dimulai dengan studi literatur mengenai aturan-aturan KBK. Kemudian dilanjutkan dengan proses survei ke berbagai sekolah baik tingkat SMP maupun SMA. Untuk lebih memperkuat data, dilakukan juga survei ke dinas pendidikan, dalam hal ini ke sub dinas pendidikan menengah dan umum. Hasil dari survei ini selanjutnya dibuat rancangan dari aplikasi yang akan dibuat, meliputi desain proses, dan desain database serta antarmuka. Hasil desain ini kemudian diimplementasikan dengan menggunakan Platform .NET Framework. Penerapan dari aplikasi ini dilakukan terhadap lebih dari 35 sekolah, masing-masing dilakukan sesuai skenario yang telah ditetapkan. Hasil penerapan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi keberhasi/an aplikasi ini. Aplikasi ini telah diuji coba di berbagai lingkungan uji coba dan dengan variasi data yang berbeda-beda dan hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi ini kurikulum berbasis kompetensi 2004 lebih mudah untuk dilaksanakan. Tetapi baru 30% dari keseluruhan sekolah yang menerapkan aplikasi ini yang benar-benar berhasil dalam pelaksanaan aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.756 5 Riz p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:09
Last Modified: 13 Nov 2019 07:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71754

Actions (login required)

View Item View Item