Kuheba, Mira Ch. (2016) Redesain Interior Museum Provinsi Papua Dengan Konsep Edukasi-Budaya Dan Kontemporer. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3412100111-undergraduate-theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tugas Akhir adalah hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin
menyelesaikan pendidikannya dibangku kuliah. Tugas akhir ini nantinya berisi
tentang sebuah proyek baru dengan penerapan konsep yang akan menyelesaikan
masalah interior proyek tersebut. Beberapa hal yang harus ditempuh dalam
penulisan laporan Tugas Akhir, seperti mencari obyek, observasi, wawancara
hingga menggambar denah. Dalam tugas Akhir ini, penulis memilih Museum
Provinsi Papua sebagai objek penelitian untuk tugas ini.
Museum Provinsi Papua adalah Museum yang paling besar di Indonesia
Timur. Museum ini memiliki koleksi lebih dari tiga ribu benda yang berasal dari
beberapa daerah di Papua. Museum ini yang diresmikan tahun 1990 ini didirikan
pada lahan dengan luas 26.000m2.
Dalam perancangan tugas akhir ini, penulis lebih mengutamakan konsep
tentang Edukasi budaya Papua, berupa pemilihan metode edukasi yang tepat.
Pemilihan yang warna, material dan elemen estetis nantinya akan disesuaikan
dengan konsep kebudayaan dan kontemporer. Hal-hal diatas diharapkan dapat
menjadi kesatuan yang nantinya akan menyelesaikan masalah dari museum ini.
Dalam pengumpulan data, penulis melakukannya dengan observasi,
wawancara, kuisioner pada pengunjung. Selain data penelitian, penulis juga
memperoleh data sekunder dari studi-studi literatur berupa buku dan data
arsitektur.
Konsep interior museum ini akan mengedukasi pengunjung dengan
menggunakan metode pembelajaran dan pengajaran. Metode ini diharapkan dapat
mengembangkan pengetahuan pengunjung untuk melestarikan budaya Papua.
Konsep edukasi ini dipengaruhi oleh langgam kontemporer sehingga memiliki
bentuk sederhana dan warna-warna monokrom.
===========================================================
Final Project is a thing that must be met by students who want to complete
their education in college. This final project will contain about a new project with
application of concepts that will solve the problem of the interior of the project.
Some things must be taken in writing the final report, such as finding objects,
observations, interviews to draw a map. In this final task, the authors chose the
Papua Provincial Museum as a research object for this task.
Papua Provincial Museum is the largest museum in Eastern Indonesia.
The museum has a collection of more than three thousand objects that come from
several areas in Papua. The museum, inaugurated in 1990 is founded on land
with an area of 26.000m2.
In designing this thesis, the author prefers the concept of Education
Papuan culture, such as the selection of appropriate educational methods.
Selection of the colors, materials and aesthetic elements will be adjusted to the
concept of culture and contemporary. The things above are expected to be a unity
that would solve the problem of this museum.
In collecting the data, the authors do with observation, interviews,
questionnaires on visitors. In addition to research data, the authors also
secondary data obtained from studies of literature such as books and data
architecture.
The concept's interior museum will educate visitors by using methods of
learning and teaching. This method is expected to develop the knowledge of
visitors to preserve the culture of Papua. The concept of education is influenced
by contemporary style that has a simple shape and monochrome colors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDI 747.876 Kuh r |
Uncontrolled Keywords: | Museum, Papua, edukasi, budaya, kontemporer |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 03:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 03:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71781 |
Actions (login required)
View Item |