Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berbelanja Di Pasar Pucang Anom Surabaya

Tyashening, Iko Putri (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berbelanja Di Pasar Pucang Anom Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1314105053-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pasar yang dapat beroperasi secara optimal dan efisien serta dapat melayani kebutuhan masyarakat diperlukan sebagai upaya untuk menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu motor penggerak dinamika perkembangan perekonomian. Pasar Pucang Anom merupakan salah satu pasar tradisional di pusat kota Surabaya yang juga harus bersaing dengan pusat perbelanjaan lain yang juga banyak terdapat di pusat kota. Peningkatan kualitas terhadap hal-hal yang mempengaruhi minat berbelanja di Pasar Pucang Anom Surabaya akan dianalisis dengan analisis kesenjangan, analisis biplot, dan Thurstone Case-v. Dari penelitian ini didapatkan bahwa usia pengunjung Pasar Pucang Anom Surabaya terentang antara 12 hingga 63 thun dan ratarata berusia 33 tahun. Mayoritas lulusan SMA/sederajat, berprofesi sebagai ibu rumah tangga, memiliki pengeluaran Rp1.000.000- 1.500.000 per bulan, bertempat tinggal di Kecamatan Gubeng, menggunakan sepeda motor untuk menuju ke pasar, mengunjungi Pasar Pucang Anom kurang dari 3 kali per minggu, mengunjungi pasar modern kurang dari 3 kali per minggu, dan membeli bahan makanan. Dimensi yang perlu dijadikan prioritas utama perbaikan adalah dimensi Tampilan Fisik. Pengunjung lebih puas dalam hal kelengkapan, kualitas, harga barang yang dijual, kecepatan dan keramahan pelayanan pedagang, keamanan tempat parkir, ketersediaan toilet umum, dan kondisi Pasar Pucang Anom Surabaya yang membuat pengunung merasa nyaman. Hal yang paling diinginkan masyarakat dalam memilih tempat belanja adalah kebersihan tempat berbelanja. ======================================================= Market is one of the trading activity that can not be separated from everyday human activities. A market which can operate optimally and efficiently and can serve the needs of society is needed in order to make the traditional market as one of the motor dynamics of economic development. Pucang Anom market is one of the traditional market in downtown Surabaya, which also have to compete with other shopping centers are also numerous in the downtown. Improving the quality of the things that affect the preference of shopping at the Market Pucang Anom Surabaya will be analyzed by the gap analysis, biplot analysis, and Thurstone case-v. From this study found that the oldest of Pucang Anom market visitor is 63 years old, the youngest is 12 years old, and the average age iss 33 years. The majority of the visitors is high school graduates, living as a housewife, have Rp1.000.000-1.500.000 spending per month, residing in Gubeng, using motorcycles to get to the market, visit the Pucang Anom Market <3 times per week, visiting the modern market <3 times per week, and buy groceries. Dimensions that need to be given top priority improvement is the dimension of Tangibles. Visitors are more satisfied in terms of completeness, the price, and the quality of goods sold in the market, the enquickness and the hospitality by the trader, the security in the parking lot, the availability of the restroom, and the comfort condition in the Pucang Anom Market. It is most desirable in choosing where to shopping by the cleanliness of the place.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 4 Tya a-1
Uncontrolled Keywords: Pasar Pucang Anom, Analisis Kesenjangan, Positioning, Thurstone Case-V.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:26
Last Modified: 18 Nov 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71847

Actions (login required)

View Item View Item