Aziz, Ahmad Suyuti Abdul (2015) Perencanaan Konstruksi Abutment Dan Sistem Perkuatan Tanah Dasar Pada Oprit Jembatan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Sta 5+950 S/D 6+350 - Abutment Construction Planning And Subgrade Strengthening System Of Approach At Mojokerto-Kertosono Toll Road Bridge Sta 5+950 Until 6+350. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3113105034-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Preview |
Text
3113105034-Paper.pdf - Published Version Download (426kB) | Preview |
Preview |
Text
3113105034-Presentation.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Oprit Jembatan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono yang
terletak pada Sta.5+950 s.d. Sta.6+350, dibangun di atas tanah
lempung. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan perkerasan jalan
pada jembatan mudah mengalami kerusakan karena daya dukung
tanah yang rendah. Selain itu, konstruksi abutment dan timbunan
oprit juga beresiko mengalami kelongsoran. Untuk menghindari
agar kelongsoran tidak terjadi, maka perlu dilakukan perkuatan
pada tanah.
Dalam tugas akhir ini, jenis perkuatan yang akan dipakai
adalah geotextile dengan PVD dan cerucuk dengan PVD.
Perkuatan dengan geotextile berguna untuk perkuatan pada tanah
timbunan. PVD digunakan untuk mempercepat proses penurunan
tanah. Perkuatan cerucuk juga direncanakan untuk menahan
kelongsoran yang terjadi pada tanah timbunan bersama dengan
tanah dasar di bawahnya.
Dari hasil perhitungan, jenis perkuatan yang dipakai adalah
Geotextile tipe Stabilenka 200/50 untuk geotextile arah melintang
dibutuhkan 44 lapis dan 400/100 untuk geotextile wall arah
memanjang dibutuhkan 21 lapis. Jenis Cerucuk yang dipakai
adalah jenis micropile dengan ukuran 20x20cm dibutuhkan
sebanyak 14 tiang. PVD yang digunakan adalah jenis PVD “NYLEX FLODRAIN” dengan spesifikasi lebar : 100 mm dan
dengan ketebalan : 5 mm. Perkuatan pondasi abutment
menggunakan tiang pancang dimensi 80 cm sebanyak 28 buah
dengan kedalaman 32 m.
========================================================================================================================
Approach of Mojokerto-Kertosono Toll Road Bridge located
at Sta.5+950 until Sta.6+350 was built on clay soil. These condition
can cause the pavement on bridge suspectible to damage because
low bearing capacity. In addition, abutment construction and
approaching bridge also at risk of sliding. To avoid from soil
sliding, it needs to strengthening soil.
In this final project, the type of strengthening to be used is
geotextile combined PVD and micropile combined PVD.
Strengthening with geotextile is used for soil embankment. PVD is
used for accelerate the soil consolidation. Micropile also planned to
hold sliding that occurs in the soil embankment with subgrade
below.
From the calculation, the strengthening type used is type
Stabilenka Geotextile 200/45 for transversal direction with 44 layer
of geotextile and 400/100 for longitudinal direction with 21 layer of
geotextile. Type of micropile dimensions used 20x20cm with 14
piles. PVD is used a type of PVD ``NYLEX FLODRAIN`` with the
spesification width 100 mm and thickness 5 mm. The strengthening
of abutment foundation using pile dimensions 80 cm with 28 piles,
and depth of 32 m.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 624.151 362 Azi p |
Uncontrolled Keywords: | oprit jembatan, geotextile, micropile, PVD, abutmen, tiang pancang, approach bridge, geotextile, micropile, PVD, abutment, piles. |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 08:48 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 08:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71863 |
Actions (login required)
View Item |