Pelatihan Keselamatan Penyeberangan Jalan Berbasis Teknologi Google Cardboard

Wicaksana, Satriya (2016) Pelatihan Keselamatan Penyeberangan Jalan Berbasis Teknologi Google Cardboard. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100090-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
5112100090-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keselamatan penyeberangan merupakan hal yang sangat
penting bagi kita semua, terutama untuk anak–anak. Anak–anak
masih memiliki tingkat perhatian pada lingkungan yang relatif
rendah sehingga perlu adanya pelatihan untuk memicu respon
tanggap anak terhadap lingkungan, dan melatih keterampilan
observasinya.
Pelatihan yang dilakukan dengan terjun langsung ke
lapangan tentunya akan memiliki tingkat resiko dan biaya yang
tinggi, sehingga perlu adanya sebuah solusi lain yaitu teknologi
realitas maya. Teknologi dalam bidang realitas maya telah
berkembang sangat pesat. Perkembangan realitas maya ini telah
diterapkan keberbagai bidang. Mulai dari pendidikan,
permainan, film, arsitektur, hingga pelatihan. Realitas maya
dapat memberikan suatu pengalaman visual dari sebuah
lingkungan yang ada di dunia nyata maupun sebuah lingkungan
imajinasi. Realitas maya dapat dikembangkan untuk membuat
sebuah simulasi penyeberangan jalan yang memberikan
pengalaman visual yang lebih baik.
Dalam tugas akhir ini, dibangun sebuah lingkungan
buatan untuk pelatihan keselamatan penyeberangan jalan.
Pelatihan ini dijalankan pada perangkat bergerak dengan
menggunakan sebuah sensor yaitu sensor Gyroscope serta sistem
operasi Android. Tujuan utama dari pembuatan aplikasi ini
adalah untuk memberikan pengalaman visual yang lebih baik
bagi penguna dengan teknologi Realitas Maya.
viii
viii
Uji coba pada Tugas Akhir ini menggunakan skenario uji
coba dengan menggunakan metode kotak hitam dan kuisioner dari
pengguna. Penerapan pelatihan menggunakan perangkat lunak ini
adalah anak-anak tingkat sekolah dasar. Dari hasil kuisioner yang
telah diajukan kepada pengguna, aplikasi ini menunjukkan bahwa
kemiripan objek aplikasi dengan objek sebenarnya mencapai skor
4.3 / 5 dan skor immersive aplikasi mencapai 4.9 / 5. Dengan
dikembangkannya aplikasi ini diharapkan bisa membantu serta
melatih pengguna untuk menyeberang jalan dengan aman.
============================================================
Crosswalk safety is the most important for us, especially
for children. Children still have a level of attention to the
environment is relatively low so requires a training for children
that can trigger their response to the environment, and train their
observation skills.
A training that held in the real environment take more
risk and cost than using virtual reality technology. Virtual reality
technology growing up so fast. The development of virtual reality
has been applied in many fields. Ranging from education, games,
movies, architecture, even training. Virtual reality can provide a
visual experience from an environment that exist in the real world
as well as an environment of imagination. Virtual reality can be
developed to create a simulated road crossings that provide
better visual experience.
In this final project, a virtual environment for crosswalk
safety training will be build. This training simulation run on
mobile device that support gyroscope censor and using android
operating system. The main purpose of making this application is
to provide a better visual experience for the user with virtual
reality technology.
This final project tested by using test scenarios with a
black box methods and questionnaires from users.
Implementation of training using this software are children of
primary school level. From the results of the questionnaire that
has been submitted to the examiner, this application shows that
x
x
the similarity of the actual application object with the object of
achieving a score of 4.3 / 5 and a score of immersive applications
reaching 4.9 / 5. With the development of this application is
expected to assist and train users to cross the road safely.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.3 Wic p-1
Uncontrolled Keywords: Unity, Realitas Maya, Perangkat Mobile, Sistem Operasi Android, Pelatihan, Sensor Gyroscope, Google Cardboard.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Nov 2019 05:40
Last Modified: 19 Nov 2019 05:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71870

Actions (login required)

View Item View Item