Analisa sistem kemudi mobil listrik Brajawahana ITS terhadap kondisi ackerman

Fajar, Daris Ibnu (2015) Analisa sistem kemudi mobil listrik Brajawahana ITS terhadap kondisi ackerman. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100110-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100110-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat menuntut peningkatan performa dari segala aspek seperti kenyamanan, keamanan, dan kestabilan. Sistem kemudi merupakan salah satu aspek penting dalam perancangan kendaraan yang mempengaruhi respon gerak kemudi kendaraan terhadap input roda kemudi oleh pengemudi dan berpengaruh besar terhadap kenyamanan juga keamanan. Hal ini menuntut untuk dirancangnya sistem kemudi yang nyaman dan aman untuk mendukung kesempurnaan kendaraan itu sendiri.
Secara garis besar sistem kemudi kendaraan dapat dibagi menjadi roda kemudi, steering column, steering gear, dan steering linkage. Steering column merupakan bagian sistem kemudi yang menghubungkan roda kemudi dengan steering gear. Steering gear merupakan mekanisme sistem kemudi yang mengkonversikan gerak rotasional dari roda kemudi oleh pengemudi menjadi gerak translasional untuk menggerakkan ban melalui steering linkage, mekanisme yang dapat digunakan antara lain rack and pinion, recirculating ball, dan lain-lain. Steering linkage merupakan bagian dari sistem kemudi yang menyalurkan gerak translasi dari steering gear ke ban melalui steering arm, tie rod, dan knuckle.
Perancangan sistem kemudi pada Mobil Listrik Brajawahana kali ini menggunakan mekanisme rack and pinion steering. Langkah awal dilakukan dengan melakukan pemodelan 3D dari model referensi (Honda Estilo) pada software Solidworks. Pendekatan yang digunakan pada perancangan kali ini adalah dengan melakukan simulasi kinematik dari sistem kemudi yang diberikan variasi berupa penempatan rack shaft dan variasi panjang rack shaft untuk mengetahui pengaruhnya terhadap sudut belok yang dihasilkan. Akan didapatkan data sudut belok roda dalam dan luar yang kemudian diplotkan pada grafik bersama dengan plot sudut belok Ackerman untuk dianalisa kesesuaiannya. Diketahui pula pengaruh perpindahan penempatan rack shaft dan panjang rack shaft terhadap steering error yang dihasilkan, error disini merupakan selisih sudut belok roda luar hasil simulasi dengan Ackerman pada sudut belok roda dalam yang sama. Hasil rekomendasi konfigurasi sistem kemudi kemudian dianalisa keamanannya terhadap fenomena buckling.

=========================================================================================================

The rapid development of automotive technology can’t be separated from the improvement of each aspect such as comfort, safety, and stability. Steering system is one important aspect in vehicle designing that affect driving behavior and greatly affect driving comfort.
Generally, steering system can be divided into steering wheel, steering column, steering gear, and steering linkage. Steering linkage is a component that connecting steering gear with steering wheel. Steering gear is a component that convert the rotational movement as inputted by the driver into translational movement using rack and pinion mechanism. Steering linkage act like a link that delivering the translational movement from steering gear to tire by using steering arm, tie rod, and steering knuckle.
Steering system designing for Brajawahana electric car ITS in this research is done by approaching suitability of the driving behavior toward Ackerman principle using 3D modeling method. Analysis is done by kinematic simulation that is given several variations such as positioning of the rack shaft and dimension of the rack shaft. From this method, we can plot a cornering angle graph between outer and inner tire and then compared to Ackerman curve to analyze its suitability. The effect of positioning and dimension changing of the steering system and its influence toward steering error can be studied by this method, error in this case is described as the cornering angle difference between simulation output and Ackerman principle. The final recommendation of steering system configuration will be analyzed its safety toward buckling, the most common failure mode in steering system.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.247 Faj a
Uncontrolled Keywords: Sistem Kemudi, rack and pinion steering, sudut belok, prinsip Ackerman, simulasi kinematik, buckling
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:15
Last Modified: 19 Nov 2019 08:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71881

Actions (login required)

View Item View Item