Model simulasi sistem dinamik untuk analisis penumpukan jumlah penumpang di gate yang dipengaruhi on time performance

Wardhani, Larasati Kusuma (2015) Model simulasi sistem dinamik untuk analisis penumpukan jumlah penumpang di gate yang dipengaruhi on time performance. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513203009-Master-Thesis.pdf]
Preview
Text
2513203009-Master-Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi penerbangan merupakan alternatif pilihan masyarakat Indonesia
untuk melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh. Meningkatnya jumlah
penumpang tiap tahunnya, membuat pihak bandar udara sebagai penyedia fasilitas
juga ikut meningkatkan performanya. Keberadaan gate atau ruang tunggu penumpang
sebelum melakukan perjalanan melalui udara merupakan salah satu kriteria penilaian
dari segi pelayanan suatu bandar udara. Kondisi ideal dari keberadaan gate di bandar
udara, selain jarak yang tidak terlalu jauh menuju ke pesawat, juga meliputi kapasitas
yang mencukupi untuk setiap jadwal penerbangan dan penugasan gate teralokasikan
dengan baik. Selain itu faktor terjadinya delay atau keterlambatan jadwal
penerbangan yang akan berdampak pada lamanya penumpang harus menunggu di
gate dan berpotensi terjadinya penumpukan jumlah penumpang pada waktu tertentu
apabila jadwal penerbangan lain juga telah menunggu. Dengan kapasitas gate yang
berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang serta probabilitas delay yang
terjadi dalam sistem penerbangan bagaimanakah pengelolaan penugasan gate apabila
terjadi kedua hal tersebut bila direpresentasikan dalam sebuah model simulasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memberikan kebijakan dalam
penugasan pengalokasian gate yang sesuai dengan beberapa variabel keputusan
seperti kapasitas gate, jumlah penumpang dan probabilitas delay penerbangan dalam
waktu 1 jam, 2 jam, 3 jam dan 4 jam. Mempertimbangkan overload capacity dari
gate serta probabilitas delay yang diberikan, maka dirancang beberapa eksperimen
untuk kebijakan yaitu pencegahan probabilitas delay 3 jam dan 4 jam karena dari
hasil simulasi didapatkan penumpukan jumlah penumpang yang sangat tinggi dengan
melakukan transfer antar gate yang tersedia dalam range waktu jadwal yang sama,
juga dipertimbangkan untuk mendirikan gate bayangan pada area gate yang paling
banyak memiliki jadwal penerbangan.
=====================================================================================
Air transport is an alternative choice of Indonesian people to travel either near
or far. By the increasing number of customers and demand in every years, make the
airport as a facility provider also increasing its performance. The existing gate or
waiting room for passanger before traveling by air is one of appraisal criteria in terms
of services an airport. The ideal condition of the existing gate in the airport, besides
the distance is not too far from apron, also involve allocated flight capacity and gate
assignation which allocated well. Besides, the delay factor will affect the duration of
the passengers had to wait at the gate and potential occurence of the accumulation of
the number of passangers on certain time if another flight schedule is waiting. By the
gate capacity that affected on increasing number of passanger, also delay probability
that occur on air transport system, how to manage gate assignment represented in
simulation model when both problem occur. This research aims to analysis also
giving policy on assignation gate allocation according to decision variables such as
gate capacity, number of passanger and probability of flight delay in 1 hour, 2 hours,
3 hours and 4 hours. Consider to overload capacity also delay probability given from
gate, then the experiments have been designed for the policy, such as probability of
delay in 3 hours and 4 hours, because from the simulation result show that the
accumulation of the number of passangers is high by doing transfer between existing
gate in the same schedule range, and also considered to sets up a shadow gate on area
in gate that have most flight schedule

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 519.703 War m
Uncontrolled Keywords: Penugasan Gate, Kapasitas Gate, Delay, Alokasi Gate, Model Simulasi, Sistem Dinamik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:49
Last Modified: 21 Nov 2019 08:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71957

Actions (login required)

View Item View Item