Analisa Kinematis Dan Kekuatan Sistem Suspensi Mobil Listrik ITS Brajawahana

Shodiq, Firdaus Ja’far (2015) Analisa Kinematis Dan Kekuatan Sistem Suspensi Mobil Listrik ITS Brajawahana. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100082-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan tekonologi otomotif yang semakin pesat menuntun peningkatan performa dari segala aspek seperti kenyaman, keamanan, dan kestabilan. Hal tersebut juga berlaku pada saat perancangan mobil listrik, dimana perancangan harus memperhatikan ketiga aspek tersebut. Beberapa bagian seperti steering, braking, dan suspension adalah salah satu aspek yang menunjang kestabilan, keamanan maupun kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu perancangan sistem suspensi yang baik akan membuat kendaraan lebih nyaman dan aman untuk dikendarai, sesuai dengan fungsi suspensi sebagai body insulation maupun road holding. Suspensi sendiri memiliki beberapa bagian diantaranya pegas, damper, arm, knuckle, dan ball joint. Pada tugas akhir kali ini akan dianalisa kinematika dari sistem suspensi pada mobil listrik ITS Brajawahana, dengan menggunakan bantuan tool motion study pada software SolidWorks, dimana dikarenakan ukuran geometri link dan knuckle suspensi double whisbone milik honda estilo sudah tidak bisa dirubah lagi, maka perubahan dilakukan pada penempatan link tersebut. Proses percobaan dilakukan dengan memberikan input pada suspensi berupa gerakan vertikal sehingga dihasilkan grafik camber angle fungsi vertical displacement dari roda. Begitu juga untuk roll centre dimana posisi roll center yang didapat berdasarkan variasi posisi dari link Dari hasil variasi selanjutnya dibandingkan dan dipilih desain yang paling mendekati keinginan sehingga dihasilkan sistem suspensi yang ii sesuai dengan kebutuhan mobil listrik Brajawahana. Selain itu pada tugas akhir ini akan dianalisa pula kekuatan dari suspensi Double Whisbone, dimana yang menjadi fokus utama adalah pada bagian lower arm. Pada bagian tersebut lebih dimungkinkan terjadi kegagalan karena langsung berhubungan dengan titik kontak gaya yang berasal dari berat kendaraan. Analisa kekuatan dilakukan dengan menggunakan simulation study pada SolidWorks dimana beban yang diaplikasikan berupa beban fatigue yang diasumsikan sebesar 2,5 kali dari beban statis. Hasil yang didapatkan dari proses simulasi menunjukkan bahwa untuk analisa kinematis variasi yang dipilih berdasarkan kriteria camber, roll centre dan defleksi pegas menunjukkan variasi yang berbeda. Dimana untuk camber variasi 3 menunjukkan karakteristik yang lebih baik dibandingkan variasi lain maupun standar. Sedangkan untuk roll centre variasi 7 lebih bagus, dan untuk defleksi pegas variasi 15 yang lebih baik. Akan tetapi secara analisa kinematik secara keseluruhan dipilih variasi 7 karena efek terhadap kestabilan yang paling besar. Untuk analisa kekuatan material, hasil dari simulation study menunjukkan bahwa lower arm yang menerima beban paling besar dari bagian suspensi lain masih mampu menahan beban fatigue dan memiliki safety factor 2 untuk material gray cast iron sehingga berdasarkan standar perancangan suspensi, hal tersebut sudah masuk dalam kriteria aman. Namun karena penggunaan material getas sangat berbahaya maka penggantian dengan alumunium atau low carbon steel juga diperbolehkan dengan syarat yieldnya berada diatas 150 Mpa =========================================================================================================== Rapid development of automotive technology, demand on enhancement performance in every aspect like comfort, safety and stability of driving. On designing of electric car that also count, where the design must notice for that three aspect. Some parts like steering, braking and suspension are one of the aspect that supporting stability, safety and also riding comfort. Therefore a good design of suspension system will make the vehicle more comfort and safe. It is appropriate with the function of suspension itself as body insulation and road holding. The suspension also has some part like spring, damper, arm, knuckle and joint. In this research will be analyzed the kinematic and strength of suspension system on ITS electric car Brajawahana, using solidworks tool like motion study and simulation study. Where for kinematic analysis, the geometry of link and knuckle are asumed constant, so the variation will be done in placement of suspension arm. The simulation is done by giving input on suspension in the form of vertical displacement until the graphic of camber as function vertical dislacement can be plotted. The same methode is applied on simulation for roll centre and spring deflection. From the simulation in software, it will be chosen a variation that can meet a criteria of ITS electric car Brajawahana. Furthermore, in this study it also analyze the strength of suspension sistem, where the focus point is analyzing lower arm. iv Because that part has more possibilty to failure than the other part. Strength analysis is done by using simulation study where the aplicated load is asumed 2,5 times of quarter-car weight. From the simulation process, it show the kinematics analysis result where graphical analysis that is chosen based on camber, roll and spring deflection criteria have a different best variation. Where for camber, variation 3 show better kinematic characteristic than the other. While for other analysis, the best kinematic charachteristec is shown by variation 7 for roll centre and variation 15 for spring deflection. However in whole kinematic analysis variation 7 is recomended because it effect stability more, than the other variation. In strength analysis the simulation show that lower arm still can withstand the load of car with safety factor up to 2. But using brittle material is very dangerous, so using alumunium alloy or carbon steel material is still allowed with the provison of the yield strength is above 150 Mpa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Sho a
Uncontrolled Keywords: Suspensi, camber, roll centre, defleksi pegas, tegangan, dan defleksi material
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:09
Last Modified: 22 Nov 2019 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71961

Actions (login required)

View Item View Item