Pengurangan Panjang Perjalanan Siswa Ke Sekolah Melalui Rayonisasi Sekolah Dasar Di Kota Surabaya

Dewi, Ayu Tarviana (2016) Pengurangan Panjang Perjalanan Siswa Ke Sekolah Melalui Rayonisasi Sekolah Dasar Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3612100036-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua yang memiliki fasilitas pendidikan yang memadai. Pada tahun 2012 tercatat bahwa total pergerakan dengan maksud sekolah berada di urutan kedua dengan nilai sebesar 18,31% setelah pergerakan dengan maksud bekerja. Fasilitas pendidikan jenjang sekolah dasar seharusnya berada dalam satu neighborhood unit dengan radius pelayanan antara 400-800 m (walkable distance). Namun faktanya pemilihan sekolah tidak berdasarkan tempat tinggal atau berada di luar radius pelayanannya sehingga panjang perjalanan siswa SD menjadi lebih panjang dari yang seharusnya. Hal ini berkaitan dengan adanya fenomena pergeseran preferensi para orang tua dalam memilih fasilitas pendidikan. Fenomena SD favorit dan non favorit yang dikaitkan dengan citra dari SD tersebut akan membuat SD favorit mayoritas diisi oleh siswa yang berasal diluar wilayah yang seharusnya menerima jangkauan pelayanannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah kajian terkait pengurangan panjang perjalanan siswa ke sekolah melalui rayonisasi sekolah dasar di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan merumuskan pola rayonisasi sekolah dasar yang dapat mengurangi panjang perjalanan siswa ke sekolah di Kota Surabaya. Tujuan tersebut dicapai melalui 3 tahapan yang telah disusun sebelumnya. Tahapan pertama adalah mengidentifikasi rata-rata panjang perjalanan siswa sekolah dasar di Kota Surabaya dengan teknik analisis statistik deskriptif, kemudian tahapan kedua adalah menentukan pola rayonisasi melalui pembentukan kluster sekolah dasar di Kota Surabaya dengan teknik grouping analysis pada software ArcGIS. Tahapan terakhir viii adalah menghitung rata-rata pengurangan panjang perjalanan berdasarkan pola rayonisasi yang telah dihasilkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata panjang perjalanan siswa di Kota Surabaya sebesar 1585 m sehingga panjang perjalanan siswa SD di Kota Surabaya telah melebihi jarak walkable distance yakni 800 m. Rata-rata panjang perjalanan siswa yang melebihi jarak walkable distance terjadi di tengah kota artinya pergerakan dengan maksud bersekolah pada tingkat sekolah dasar cenderung bergerak ke tengah kota. Pada tahapan kedua jumlah kluster yang dihasilkan sebanyak 68 kluster. 68 kluster tersebut memiliki jumlah anggota dan jangkauan pelayanan yang bervariasi. Rayon yang berada di tengah Kota Surabaya cenderung memiliki jangkauan pelayanan yang lebih kecil dibandingkan dengan luas rayon yang berada di pinggiran Kota Surabaya. Rayon yang telah terbentuk terbukti optimal berdasarkan uji statistik berupa nilai Pseudo F yang meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kluster yang terbentuk. Berdasarkan hasil rayonisasi, diperoleh rata-rata pengurangan panjang perjalanan siswa yang signifikan sebesar 1094 m. ========================================================= Surabaya as the second largest city has adequate educational facilities. In 2012, it is reported that the trip to school stands in the second rank after the trip to work places with the value of 18,31%. Educational facilities in the elementary level should be in a neighborhood unit with the radius service of 400 – 800 meters (walkable distance). But in fact the selection of school not based on their residence. This has led that the student’s schools are remote from their houses so that their trip length becomes longer than it’s supposed to. This is so related to the shifting preferences of the parents in selecting schools. The phenomena of favorite schools and non-favorite schools that is linked to the image of the schools would make a condition that the favorite schools are occupied mostly by students that come from outer area from the school’s radius service. Therefore, a study is needed regarding to the reduction of student’s trip length to school by clustering policy in Surabaya. This study aims to formulate the pattern of clustering policy for elementary schools which could reduce the student’s trip length to school in Surabaya. In order to achieve that goal, there are three objectives that must be completed; 1) Identifying the average trip length of elementary students in Surabaya using descriptive statistical analysis techniques, 2) Formulating the pattern of clustering policy through the making of several elementary school clusters in Surabaya using grouping analysis in ArcGIS software, 3) x Calculating the average reduction of student’s trip length based on the clustering policy that has been made. The results show that the average trip of elementary schools students in Surabaya is 1585 meters. This means that the trip of elementary students in Surabaya has exceed the walkable distance, that is 800 meters. In average, student’s trip that exceeds the walkable distance is happening in the core area. It means that the trip with destination to elementary school tends to move to the core area. In the second phase, the number of school clusters that has been created are 68 clusters. Those 68 clusters of schools have various number of members and radius service. The clusters in the core area tends to have a smaller radius of service compared with the clusters in phery phery area. The clustering policy that has been formulated is proven optimal based on statistical test. It is shown by the increasing value of Pseudo F along with the increasing number of clusters. Based on the rayonisasi system, it is obtained that the average reduction of student’s trip is significantly 1094 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 004.678 2 Dew p
Uncontrolled Keywords: Panjang Perjalanan; Fasilitas Pendidikan; Rayonisasi; Sekolah Dasar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Nov 2019 06:49
Last Modified: 22 Nov 2019 06:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71978

Actions (login required)

View Item View Item