Berlian, Welly Nawi (2016) Perencanaan Reklamasi Dan Shore Protection Di Zona 3 Dan 4 Tersus Pt Badak Ngl. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
3114105022-undergraduate-theses-.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kota Bontang Kalimantan Timur menjadi lokasi
pengembangan PT Badak NGL dalam pembangunan pengolahan
minyak mentah. Lokasi ini bertepatan diantara hutan konservasi
dan laut. Dengan demikian daerah pengembangan pembangunan
lebih difokuskan pada arah laut agar tidak menggangu hutan
tersebut. Sehingga dibutuhkan pekerjaan reklamasi dan shore
protection sebelum dapat membangun kilang minyak diatasnya.
Namun dengan adanya canal pada perbatasan sisi timur laut
area rencana, mengakibatkan timbunan reklamasi tidak dapat
dibangun dengan memiliki nilai kemiringan lereng. Sehingga
yang pada umunya shore protection adalah berupa tumpukan
batuan di sisi lereng (armor layer) perlu diganti dengan
konstruksi turap sebagai struktur penahan beban akibat timbunan
dan penahan pantainya.
Dari hasil uji lapangan didapatkan jenis tanah dasar
adalah lempung lunak. Melihat kondisi tanah seperti itu maka
dapat diketahui bahwa tanah dasarnya mempunyai daya dukung
rendah, pemampatan yang besar, dan koefisien permeabilitas
yang kecil. Daya dukung yang rendah akan menyebabkan bahaya
longsor, pemampatan yang besar akan mengakibatkan tinggi
pelaksanaan menjadi tidak sama dengan tinggi timbunan rencana
akibat settlement, dan permeabilitas yang kecil mengakibatkan
pemampatan terjadi sangat lama. Sehingga untuk mengantisipasi
permasalahan tersebut dibutuhkan perbaikan dan percepatan
ii
pemampatan tanah dasar. Pada perencanaan ini akan digunakan
vertikal drain berupa PVD sebagai solusi permasalahan tersebut.
PVD yang akan digunakan yaitu dengan pola pemasangan
segitiga dan masa tunggu pemampatan selama 6 bulan.
Dari hasil perhitungan didapatkan tinggi pelaksanaan
yang bervariasi untuk zona 3 elevasi +0.00 mLWS dan -1.00
mLWS berturut-turut sebesar 8 m dan 9.1 m, sedangkan zona 4
elevasi +0.00 mLWS, -1.00 mLWS, -2.00 mLWS dan -5.00 mLWS
berturut-turut sebesar 5,6 m, 6,8 m, 8 m dan 11,4. Hal ini
diakibatkan besar settlement yang terjadi bervariasi antar
elevasinya. Lama pemampatan yang terjadi akibat compressible
soil adalah selama 75.4 tahun, sehingga pada pelaksanaanya
digunakan PVD untuk mempercepat waktu pemampatan. PVD
yang digunakan adalah jenis Ce Teau-Drain dengan spesifikasi
lebar 100 mm dan ketebalan 5 mm. Pola pemasangan yang
digunakan berupa pola segitiga dengan jarak 1,1 m dengan masa
tunggu rencana selama 6 bulan. Akibat pemampatan yang terjadi
didapatkan peningkatan nilai Cu dari semula 0.48 t/m2, setelah
menggunakan PVD menjadi 1.71 t/m2. Untuk perencanaan shore
protection digunakan tipe armor layer dengan W sebesar 6 ~ 10
kg ketebalan 30 cm dan pada secondary layer W/10 sebesar 0.6 ~
1.5 kg dengan ketebalan 15 cm, sedangkan untuk sisi timur laut
(area cannel) digunakan sheet pile baha profil Z-section tipe AZ
37-700 dengan panjang kebutuhan 27 m dan 22.5 m. Untuk soil
monitoring instrument digunakan alat bantu berupa settlement
plate, peneumatic piezometer, dan inclinometer. Dengan total
anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini
sebesar Rp 4,256,205,555,115,00.
============================================================
Bontang city is located in east Kalimantan, where will be
built a new oil refinery. The development of this site is located
between forest conservation and sea side. Because of the forest,
new oil refinery will be focus to build at sea side. Which is needed
reclamation and shore protection works for this. There is canal in
northeast area plan, and it make reclamations work can’t do with
a slope. So that, we can’t build armor layer for shore protection
structure but it will be change with shore protecition vertikal like
retaining wall for the structure and protec from wave and current
sea.
From the site observation, there is obtained that the type
of soil in subgrade is soft clay. That means it has low bearing
capacity, high compression soil, and small prmeability
coefficient. Low bearing capacity can make the structure
collapse, high compression soil can make consolidation
settlement which the effect cause different high of embankment
between implementation and planning reclamation, and small
prmeability coefficient can cause time of consolidation settlement
happend for a long time. For resolve the problem require
improvement and acceleration of compression subgrade soil. On
this planning will be used vertical drain like PVD to resolve the
problem and used in triangle pattern with consolidation period
for 6 month.
iv
Based on the calculation obtained high implementation
varies of embankment, in zone 3 for elevation +0.00 mLWS and -
1.00 mLWS a row of 8 m and 9,1 m, for zone 4 for elevation
+0.00 mLWS, -1.00 mLWS, -2.00 mLWS and -5.00 mLWS a row
of 5,6 m, 6,8 m, 8 m and 11,4 m. This is due to variation of
settlement in each elevation. Duration of compression that occurs
is 75,4 years, so that in the execution used PVD to acceleration
the compression. Type of PVD that used is Ce Teau-Drain type,
with spesification, width 100 mm and thickness 5 mm. Pattern
that used is triangle with a distance of 1,1 m and waiting period
of consolidation for 6 month. Because of compression obtained
increase in value of Cu from 0,48 t/m2 to 1,71 t/m2 after used the
PVD. For shore protection be used armor layer with value of W 6
~ 10 kg and thickness 30 cm, and for secondary layer be used
W/10 as big as 0,6 ~ 1.5 kg and thickness 15 cm, while for
northeast side (cannel area) that used sheet pile with steel profile
Z-section type AZ 37-700, with length 27 m and 22.5 m. For soil
monitoring use tools such as settlement plate, pneumatic
piezometer and inclinometer. With a total budget required for the
constrution of this project amounted 4,256,205,555,115 IDR.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 333.715 3 Ber p |
Uncontrolled Keywords: | Kota Bontang, Reklamasi, Armor layer, Sheet pile, PVD |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC343+ Reclamation of land from the sea |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 08:17 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 08:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72090 |
Actions (login required)
View Item |