Latta, Yenni Marta (2005) Analisa Penyimpangan Hasil Pengukuran Kedalaman Retak Pada Blok Kalibrasi Baja Karbon Dan Material Weld Metalnya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4199100056-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Selama ini pengukuran kedalaman retak selalu dilakukan tegak lurus dengan
permukaan material yang diukur. Pengukuran kedalaman retak pada material baja
karbon (P no l) dilakukan pada material las-lasan dimana daerah yang diukur
adalah pada mahkota las, kaki las dan akar las serta pada base metal dengan retak
membentuk sudut-sudut tertentu.
Sebelum melakukan pengukuran kedalaman retak pada materiaJ ini, terlebib
dahulu dilakukan proses kalibrasi menggunakan material yang sama dengan
material uji untuk mendapatkan barga acuan dari kedalaman retak yang
sebenamya. Kemudian dengan menggunakan bantuan alat Crack Depth Meter
yang bekerja berdasarkan prinsip Direct Current Potentwl Drop (DCPD)
dilakukan pengukuran kedalaman retak pada material uji. Pennukaan yang tidak
rata dan adanya retak yang membentuk sudut pada material yang disebabkan
karena proses pengelasan mengakibatkan adanya perbedaan lintasan dari probe
pemancar ke probe penerirna, sehingga terjadi penyimpangan pada pengukuran
kedalaman retak.
Hasil yang didapat dari pengujian kemudian dianalisa sehingga ditemukan suatu
formula yang merupakan faktor konversi untuk pengukuran kedalaman retak yang
selanjutnya. Formula yang dihasilkan dari pengukuran kedalaman retak pada
mahkota las, kaki las dan akar las adalah berupa persamaan polynomial orde 4
berturut-turut adalah sebagai berikut :
• y = 9E-06x4
- 0.0009x3 + 0.0244x2 + 0.1783x + 0.5104
• y = 2E-05x4
- 0.0022x3 + 0.0653x2
- 0.1374x + 0.7607
• y = -2E-05x4 + 0.0015x3
- 0.0401x2 + 0.833x - 0.0103
Sedangkan untuk penguk:uran pada base metal, formula yang didapat adalah
berupa persamaan kuadrat sesuai dengan sudut yang dibentuk oleh retak sebagai
berikut:
• y - -0.1389x2 + 2.344x- 6. 7836 untuk ex = 15°
• y = -0.0534x2 + 0.5255x + 0.2271 untuk ex = 30°
• y 0.1336x1 - 2.2922x + 13.834 untuk ex= 45°
• y = 0.31 05x2
- 7.8929x + 57.057 untuk ex = 60°
• y = -0.0 192x2 + 1.0957x - 3.4493 untuk ex= 75°
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 620.112 6 Lat a |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 04:41 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 04:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72098 |
Actions (login required)
View Item |