Mubarok, Rizqi Ilman (2015) Optimasi Multirespon Untuk Rancangan Mixture Pada Pembuatan Perekat Body Mobil Listrik Based Pvac (Polyvinil Asetat). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1310100105-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1311100105-Paper.pdf - Accepted Version Download (402kB) | Preview |
Preview |
Text
1311100105-Presentation.pdf - Presentation Download (783kB) | Preview |
Abstract
Berbeda dengan mobil pada umumnya, bobot mobil listrik
memiliki bobot yang ringan supaya efisien dalam pemakaian
energi. Untuk mencapai bobot yang ringan maka dalam
digunakan bahan baku styrofoam sebagai lapisan body mobil.
Untuk merekatkan strofoam dengan body mobil listrik digunakan
sebuah perekat yaitu perekat PVAc yang terbuat dari bahanbahan
yaitu PVA, VAM, Surfaktan, Sodium Bikarbonat,
Ammonium persulfat, Dibutil Phtalat, dan pelarut air. Perekat
PVAc yang digunakan seringkali menggunakan air sebagai
pelarut dalam pembuatannya, dimana perekat PVAc berbasis
pelarut air biasa digunakan untuk merekatkan kayu sehingga
dianggap kurang cocok jika digunakan untuk merekatkan body
mobil listrik. Kualitas perekat dapat ditingkatkan dengan
mengganti pelarut air dengan pelarut lain. Dalam penilitian ini akan dilakukan optimasi perekat PVAc menggunakan pelarut air
dan pelarut metanol dengan metode mixture design dan fungsi
desirability. Pelarut merupakan variabel prediktor dan kualitas
perekat PVAc berdasarkan strain, modulus elastisitas dan
viskositas yang merupakan variabel respon. Pada penelitian ini
terdapat lima sampel percobaan dengan proporsi air dan metanol
yang berbeda-beda yaitu 0,625:0,375, 0,75:0,25, 0,875:0,125,
0:1 dan 0,6:0,4. Diperoleh model untuk masing-masing respon
dengan nilai R2 untuk model dengan respon strain sebesar
76,67%, R2 untuk model dengan respon modulus elastisitas
sebesar 97,88%, R2 untuk model dengan respon viskositas
sebesar 40,38%. Kemudian dengan fungsi desirability didapatkan respon yang optimum secara serentak dengan proporsi air 1 dan metanol 0, diperoleh nilai strain 1,599 MPa, modulus elastisitas
16,676 MPa dan viskositas 1664,4281 Cp. ========== Different with the other cars, the weight of the electric car
has a small weight so that make efficient in using energy.To reach
small weight in the production of electric car, so in the
production of electric car are used styrofoam as layer of electric
car. To paste styrofoam with electric car’s body used an adhesive
PVAC that made from materials consist of PVA, VAM,
surfactants, Sodium Bicarbonate, Ammonium persulfate, dibutyl
Phtalat, and water solvent. PVAc adhesive often uses water as a
solvent in the manufacture, where the water solvent-based
adhesives PVAc is used to paste wood that is considered less
suitable when used to paste the electric car’s body. Adhesive
quality can be improved by replacing water solvent with other
solvent. In this research will be optimized in the synthesis of
adhesives PVAc using water and methanol solvent as predictor
variables use mixture design and desirability function. Quality of
adhesive can be measured by strain, modulus of elasticity and
viscosity which as the response variable. In this study there were
five samples experiment with the proportions of water and
methanol are different, 0.625:0.375, 0.75:0.25, 0.875:0.125, 0:1
and 0.6:0,4. Models for each respons obtained with value of R2
for model with strain as respon is 76,67%, for model with
modulus of elasticity as respon is 97,88%, for model with
viscosity as respon is 40,38%. Based optimum results by
desirability function with the proportion of water and methanol is
1 and 0, obtained value of strain is 1,599 MPa strain, modulus of
elasticity is 1664.4281, viscosity 16.676 MPa Cp.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | air, Desirability Function, metanol, Mixture design, modulus elastisitas, Perekat PVAc, strain, viskositas, PVAC adhesive, Desirability Function, methanol, Mixture design, modulus of elasticity, viscosity, water |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA279 Response surfaces (Statistics). Analysis of covariance. |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 09:27 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 09:27 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72154 |
Actions (login required)
View Item |