Skenario Mitigasi Emisi Gas Rumah Kaca Sektor Energi Bidang Transportasi Melalui Konsep Urban Compactness Di Kota Malang

Prihastuty, Indah Wahyuning (2016) Skenario Mitigasi Emisi Gas Rumah Kaca Sektor Energi Bidang Transportasi Melalui Konsep Urban Compactness Di Kota Malang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3612100017-undergraduate-theses-.pdf]
Preview
Text
3612100017-undergraduate-theses-.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Malang merupakan kota dengan jumlah penduduk yang banyak, sehingga menimbulkan urban sprawl pada wilayah sub-urbannya. Kondisi tersebut mengakibatkan tingginya angka rata rata panjang perjalanan di Kota Malang. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan jumlah kendaraan bermotor serta konsumsi energi yang dibutuhkan. Pada rencana aksi nasional dan rencana aksi daerah mengenai emisi gas rumah kaca dijelaskan bahwa salah satu upaya mengurangi emisi gas rumah kaca adalah melalui pendekatan keruangan dan mengurangi jarak tempuh perjalanan. Dengan demikian perlu adanya penelitian mengenai strategi mitigasi emisi gas rumah kaca bidang energi pada sektor transportasi melalui konsep ruang yang kompak.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan skenario mitigasi emisi gas rumah kaca pada sektor energi bidang transportasi ditinjau dari sisi kekompakan ruangnya, dimana perumusan skenario tersebut dapat dicapai dalam empat tahapan. Tahapan tersebut antara lain mengelompokkan kelurahan-kelurahan di Kota Malang menggunakan teknik analisis cluster hirarki, menghitung tingkat konsumsi energi pada tiap cluster kekompakan menggunakan rumus perhitungan emisi oleh IPCC, mengidentifikasi adanya pengaruh kekompakan ruang terhadap emisinya,menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, dan merumuskan skenario mitigasi emisi melalui simulasi model regresi linier berganda.
vi
Berdasarkan hasil analisis, terbentuk 3 cluster kekompakan ruang di Kota Malang, yaitu cluster dengan kekompakan relatif tinggi, sedang dan rendah. Tingkat emisi pada 3 cluster berbeda signifikan dipengaruhi oleh rata-rata panjang perjalanan dan konsumsi energi transportasi. Pada cluster kekompakan ruang relatif tinggi memiliki rata-rata panjang perjalanan dan tingkat emisi lebih kecil dibaningkan dengan cluster lainnya, sedangkan cluster kekompakan ruang relatif rendah memiliki rata-rata panjang perjalanan dan tingkat emisi lebih besar dibandingkan dengan cluster lainnya. Melalui pendekatan regresi linier berganda, diperoleh fungsi emisi gas rumah kaca yaitu Y = 6.167.233,715 + 42.771,992 kepadatan penduduk – 59.629,983 kepadatan lahan terbangun – 9.039.849,863 indeks keragaman guna lahan. Skenario yang dapat dilakukan untuk penurunan emisi sebesar 2,25% adalah pada cluster kekompakan ruang relatif tinggi dapat dilakukan dengan menurunkan kepadatan penduduk sebesar 70 jiwa/Ha, meningkatkan kepadatan terbangun sebesar 533% dan meningkatkan indeks keragaman guna lahan sebesar 9. Pada cluster sedang dapat dilakukan dengan menurunkan kepadatan penduduk sebesar 6 jiwa/Ha, meningkatkan kepadatan terbangun sebesar 61%, dan meningkatkan indeks keragaman guna lahan sebesar 2. Pada cluster rendah dapat dilakukan dengan menurunkan kepadatan penduduk sebesar 16 jiwa/Ha, meningkatkan kepadatan terbangun sebesar 113%, dan meningkatkan indek keragaman guna lahan sebesar 3.
==========================================================
Malang city is a highly populated city with high rate of urban sprawl on its suburban area, which causes high traveling distance average. This high average in turn causes the increase of energy consumption and the needs of motorized vehicle. The increase of energy consumption caued the increase of green house gas emission’s rate. In national and regional action plan, it was mentioned there are several approach that can be used to decrease the green house gas emission, such as spatial approach and shortening travel distance. Therefore, a research to formulate green house gas emission mitigation strategy is necessary.
The purpose of this research is to formulate a green house gas emission viewed from transportation sector, using urban compactness approach, it can be done using four stage of analysis. (1) clustering the compactness subdistricts in Malang City using hierarchy cluster analysis; (2) measuring energy consumption on each compact cluster by using emission formula from IPCC; (3) analyzing the relation between urban compactness and its emission using multiple linear regression; (4) formulate emission mitigation scenario by the model of multiple linear regression analysis.
The result shows that there are 3 cluster of compactness in Malang, which are high, medium, and low compactness level. Emission rate on each cluster is significantly different, depends on the traveling distance average and transportation energy consumption. Cluster with high level of compactness has lower traveling distance average and energy consumption, while cluster
viii
with low level of compactness tends to have higher traveling distance average and energy consumption.
By using multiple linear regression’s model, a green house gas emission function is known, which is Y = 6.167.233,715 + 42.771,992 (population density) – 59.629,983 (built-up area density) – 9.039.849,863 (mixed-use index). Scenarios that can be done in order to decrease 2.25% of the emission are decreasing population density in highly-compact area up to 70 person/Ha, increasing the built-up area density for 533% and increasing mixed-use index up to 9. In medium-compact area the population has to be decreased up to 6 person/Ha, built-up area density has to be increased up to 61%, and mixed-use index has to be increased up to 2. In low-compact area the population has to be decreased up to 16 person/Ha, built-up area density has to be increased up to 113%, and mixed-use index has to be increased up to 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.554 Pri s
Uncontrolled Keywords: Emisi Gas Rumah Kaca (CO2), Kekompakan Ruang, Mitigasi Emisi Sektor Transportasi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9051 Residential areas. Site planning
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:38
Last Modified: 05 Dec 2019 03:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72198

Actions (login required)

View Item View Item