Desain Dan Implementasi Rendering Sketsa Pada Obyek Tiga Dimensi: Modul Pembangkitan Pena Dinamis

Susanto, Ignatius Abraham (2016) Desain Dan Implementasi Rendering Sketsa Pada Obyek Tiga Dimensi: Modul Pembangkitan Pena Dinamis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 5112100048-undegraduate-.pdf]
Preview
Text
5112100048-undegraduate-.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sketsa adalah salah satu karya seni untuk meniru atau
menggambar secara kasar dari sudut pandang tertentu. Untuk
membuat sketsa pada umumnya memerlukan suatu alat. Alat
tersebut adalah pena sketsa yang dipengaruhi oleh gerakan
tangan. Hal yang dapat dipengaruhi dari gerakan tangan adalah
arah gerakan pena, penekanan tangan, ketebalan pena, dan cara
menggariskan. Dalam ilmu komputer, hal ini dapat didekati
dengan muscle model dan pergerakan pena.
Metode yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah
memodelkan otot dengan menggunakan PID Control dan
mensimulasikan pergerakan pena dengan ode solver. PID Control
ini digunakan untuk mengontrol trajektori referensi 3D, dan solver
digunakan untuk pergerakan penanya setelah titik tersebut
dikontrol.
Dari hasil uji coba untuk parameter PID dari tiga obyek
berbeda, didapatkan bahwa parameter PID yang telah di-tuning
memiliki performa sistem yang lebih stabil. Sedangkan dari hasil
uji coba waktu eksekusi, solver yang memiliki performa yang lebih
baik adalah ode23, ode113. Jadi untuk memodelkan otot, PID yang
lebih baik adalah PID yang telah di-tuning dan untuk performa
waktu yang lebih baik, pada sistem ini, ode23 dan ode113.
===========================================================
Sketching is one of the works of art to imitate or rough
drawing of a particular viewpoint. To sketch usually require a tool.
The tool is a pen sketch that is influenced by the movement of the
hand. Things can be influenced from hand movement is the
direction of pen movement, suppression hand, the thickness of the
pen, and outline ways. In computer science, this can be
approximated by a muscle model and movement of the pen.
The method used in this final project is modeling the
muscles by using PID Control and simulate the movement of the
pen with the ode solver. PID Control is used to control the
trajectory of reference 3D, and solver used for the movement of his
pen after that point controlled.
From the test results for the PID parameters of three
different objects, it was found that the PID parameters that have
been tuning have a more stable system performance. While the
results of the test execution time, solver who has the better
performance is ode23, ode113. So in order to model the muscles,
the better PID is a PID that has been on-tuning and for a better
performance, in this system, ode23 and ode113.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.696 Sus d
Uncontrolled Keywords: Sketsa, pena sketsa, PID, ODE solver, otot tangan, pergerakan pena
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:07
Last Modified: 05 Dec 2019 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72213

Actions (login required)

View Item View Item